Selasa 17 Jul 2012 02:09 WIB

Anda Sarjana? Inilah Tantangan Berat yang Harus Dihadapi

Sarjana (ilustrasi)
Foto: sitekno.com
Sarjana (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  PALEMBANG---Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Eddy Yusuf mengatakan, tantangan sarjana sekarang ini semakin berat karena akan bersaing dengan tenaga kerja asing.

Oleh karena itu seluruh jajaran dunia pendidikan untuk terus meningkatkan mutu terutama dalam era globalisasi sekarang ini, kata Wagub saat berbicara dihadapan para wisudawan sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Candradimuka Palembang.

Sarjana Stisipol yang dilantik sebanyak 419 orang yang terdiri dari 321 program Magister Administrasi Publik dan selebihnya S1. Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu lembaga pendidikan tinggi di daerah ini harus mampu mengembangkan pendidikan yang berorientasi pada standar kompetisi nasional dan internasional.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pergeseran pada sektor lapangan kerja, dan tuntutan baru dibidang penguasaan kompetensi harus dapat diantisipasi secara cermat dan akurat.

Bahkan, peluang dan tantangan kerja di tingkat lokal, domestik dan internasional harus diidentifikasi dan dijadikan rujukan dalam memilih program yang akan dilaksanakan.

Selain itu jaringan kerja dengan dunia industri, asosiasi profesi dan lembaga sertifikasi internasional, serta lembaga lainnya harus diperluas seta diperkuat.

Hal tersebut menjadi sangat penting dalam mengembangkan program yang berbasis pada kompetensi dan kebutuhan pasar.

Oleh karena itu profesionalisme menjadi syarat mutlak untuk dapat mengembangkan program dan kegiatan yang berkualitas.

Hal ini karena sekarang ini masyarakat dan dunia kerja semakin menuntut kualitas sehingga itu harus dilakukan secara terus menerus.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement