Sabtu 14 Jul 2012 23:48 WIB

Peserta SMUP Unpad Capai Puluhan Ribu Peserta

Rep: rachmita virdani/ Red: M Irwan Ariefyanto
Kampus Unpad, Bandung
Kampus Unpad, Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Hasil Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) tahun 2012 jenjang pendidikan S-1 telah diumumkan pada Sabtu (14/7) dini hari sejak pukul 00.00 WIB. Para peserta SMUP sudah dapat melihat hasil pengumuman tersebut melalui www.pengumuman.unpad.ac.id. Sementara hasil ujian SMUP jenjang pendidikan Diploma baru akan diumumkan pada 20 Juli 2012 mendatang berdasarkan hasil ujian tertulis yang berlangsung di kampus Unpad Dipati Ukur, Bandung, Sabtu (14/7).

Panitia SMUP, Dr Denie Heriyadi Ir. MS mengatakan peminat SMUP S-1 tahun ini mengalami peningkatan jika dilihat dari jumlah pembelian PIN. Menurut data, terjual 22.313 PIN SMUP S-1, meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 20.000-an. Hal sebaliknya terjadi pada SMUP jenjang pendidikan Diploma yang cenderung menurun dari tahun sebelumnya, yaitu hanya 2.561 pembelian dari 2.700-an tahun lalu. SMUP tahun ini dibuka untuk 42 prodi S-1 dan 16 prodi Diploma.

“Untuk pembelian PIN, program S-1 mengalami peningkatan dari sebelumnya hingga lebih dari 2.000 orang pembeli. Sedangkan Diploma turun dari jumlah pembelian tahun lalu yang mencapai 2700-an. Hal ini karena daya tampung untuk program Diploma memang berkurang sedangkan S-1 meningkat,” ujarnya.

Sementara untuk peminat prodi SMUP 2012, terdapat perubahan dari tahun sebelumnya jika dilihat dari keketatan antara pendaftar dan daya tampung. Tahun ini, prodi S-1 yang paling ketat adalah prodi di Fakultas Kedokteran (FK) yang perbandingannya mencapai 1 : 100 dengan jumlah pendaftar mencapai 3.504 dan daya tampung hanya 35 orang. Beberapa prodi lain yang juga cukup ketat berturut-turut, yaitu prodi Teknik Informatika, prodi Kedokteran Gigi (FKG), dan Manajemen (FEB). Adapun untuk program Diploma, prodi Kebidanan dinilai paling ketat dengan pendaftar sebanyak 251 dan daya tampung sebanyak 80, disusul dengan prodi Teknik Informatika dan Prodi Akuntansi.

“Jika dilihat dari ketetatan antara pendaftar dan daya tampung, prodi S-1 Kedokteran masih paling ketat. Sedangkan untuk Diploma, prodi kebidanan dinilai yang paling ketat,” jelas Denie.

Bagi para peserta SMUP program S-1, pengumuman dapat dilihat dengan terlebih dahulu memasukkan nomor pendaftaran SMUP pada lembar Tanda Bukti Pendaftaran SMUP 2012 yang telah di download. “Perlu menjadi perhatian bagi para peserta yang ingin melihat hasil pengumuman SMUP bahwa nomor yang dimasukkan adalah nomor pendaftaran SMUP yang ada pada Tanda Bukti Pendaftaran SMUP 2012 bukan nomor yang lain,” ujar salah satu petugas Humas Unpad, Vegas Ardiyansyah yang setiap harinya bertugas melayani informasi seputar SMUP Unpad 2012.

Perlu diketahui bahwa tahun ini Unpad akan menerima 6.415 orang mahasiswa baru dari beberapa jalur masuk, yaitu SNMPTN Jalur Undangan (522 orang), SNMPTN Tertulis (3.410 orang), dan Program Bidikmisi (900 orang). Sementara yang melalui jalur SMUP, Unpad akan menerima sebanyak 2.483 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement