Kamis 07 Jun 2012 06:33 WIB

ITB dan UPI Sediakan Lokasi Ujian Keterampilan SNMPTN 2012

Rep: Rachmita Virdani/ Red: Heri Ruslan
Pendaftaran SNMPTN 2012
Pendaftaran SNMPTN 2012

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Panitia Lokal Bandung menetapkan dua lokasi sebagai tempat ujian keterampilan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang akan digelar pada 14-15 Juni 2012, yaitu di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Humas Panitia Lokal Bandung untuk SNPMTN 2012, Weny Widyowati, mengatakan, ujian keterampilan diwajibkan bagi peserta SNMPTN jalur tertulis yang memilih program studi pendidikan seni tari, seni musik, seni rupa, serta program studi ilmu keolahragaan.

Ditegaskan Weny sebelum ujian keterampilan berlangsung peserta diharapkan sudah mengetahui jadwal dan memahami mekanisme pelaksanaan ujian keterampilan.

“Peserta juga diwajibkan terlebih dahulu melakukan registrasi pada hari pertama dengan membawa kartu tanda peserta SNMPTN 2012,” jelasnya, Rabu (6/6).

Pelaksanaan ujian ketrampilan sendiri untuk Program Studi Pendidikan Seni Tari, Seni Musik, dan Seni Rupa pada Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) akan dilaksanakan pada Kamis (14/6) dan Jumat (15/6) pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB di Gedung Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni (FPBS) Kampus UPI.

 “Peserta wajib membawa sendiri perlengkapan yang dibutuhkan. Untuk seni tari, peserta diharapkan membawa sendiri kaset atau Compact Disc musik pengiring tarian, sampur atau selendang, serta pakaian olahraga berupa kaos dan celana training,” sebut Weny.

Sedangkan untuk ujian keterampilan seni musik, instrumen yang disediakan bagi peserta adalah drum set, gitar akustik dan elektrik, kacapi, kendang, gamelan, bass elektrik dan kontra bass, serta piano."Bagi peserta ujian keterampilan seni musik yang membutuhkan instrumen selain yang tersedia dipersilakan membawa sendiri," kata Weny.

Sedangkan bagi calon mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB,  ujian akan berlokasi di kampus ITB. “Peralatan yang dibawa mencakup pensil hitam dengan tingkat kekerasan dari HB, B, 2B, 3B, 4B, 5B hingga 6B, peruncing dan penghapus pensil, serta papan alas menggambar ukuran 50x60 sentimeter,” paparnya.

Para peserta ujian keterampilan seni rupa di ITB selain diwajibkan membawa kartu peserta SNMPTN 2012 juga harus membawa kartu identitas yang digunakan pada pendaftaran SNMPTN jalur tertulis, membawa ijazah SLTA untuk lulusan tahun 2010 dan 2011, dan surat keterangan hasil UN atau kartu tanda peserta UN untuk lulusan tahun 2012.

Sementara itu, peserta ujian keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan pada Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani, di Kampus UPI diharapkan membawa pakaian olahraga lengkap beserta sepatu, surat keterangan tidak buta warna dari dokter, serta hasil rontgen.

Weny menghimbau peserta harap hadir 30 menit sebelum ujian keterampilan dimulai dengan memakai seragam sekolah baju putih dan rok atau celana abu-abu. “Sedangkan peserta lulusan tahun sebelumnya memakai baju putih dan rok atau celana warna gelap serta bersepatu tertutup," jelas Weny.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement