Jumat 25 May 2012 14:22 WIB

Alhamdulillah, Kelulusan UN Sukabumi Capai 100 Persen

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hafidz Muftisany
Pengumuman Kelulusan UN (ilustrasi)
Foto: Antara
Pengumuman Kelulusan UN (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Semua pelajar SMA/SMK dan MA se Kota Sukabumi dinyatakan lulus ujian nasional (UN). Hal ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada 2011 lalu ada dua pelajar yang dinyatakan tidak lulus UN. Dari data Dinas Pendidikan (Disdik), jumlah siswa tingkat SMA/SMK/MA Kota Sukabumi yang mengikuti UN pada 2012 mencapai sebanyak 6.075 siswa.

‘’Hasil UN untuk SMA/SMK/MA 100 persen lulus semua,’’ terang Ketua Panitia UN Kota Sukabumi, Mulyono, kepada Republika, Jumat (25/5).

Pencapaian ini telah sesuai dengan target yang ditetapkan Pemkot Sukabumi. Menurut dia, hasil UN tersebut telah diserahkan ke masing-masing sekolah. Nantinya, waktu pengumuman kelulusan diserahkan ke masing-masing sekolah.

Mulyono mengungkapkan, hasil makismal ini menunjukkan adanya keberhasilan dalam pola pembelajaran di Kota Sukabumi. Selain itu prestasi ini memperlihatkan para siswa telah belajar secara optimal untuk lulus UN.

Di sisi lain, Mulyono menjamin kelulusan yang diperoleh para pelajar murni hasil belajar para siswa. Hal ini didasarkan pada ketatnya pemantauan pelaksanaan UN yang dilakukan sejumlah pihak.

Sementara di tempat terpisah, angka kelulusan pelajar SMA di Kabupaten Sukabumi baru mencapai 99,91 persen. Dari jumlah peserta UN tingkat SMA sebanyak 5.499 orang, yang tidak lulus hanya sebanyak lima orang.

‘’Sementara angka kelulusan SMK mencapai 99,99 persen,’’ terang Kepala Disdik Kabupaten Sukabumi, Zaenal Mutaqien. Pasalnya, dari sebanyak 6.854 orang peserta UN hanya sebanyak satu orang saja yang tidak lulus.

Kelulusan UN SMK tahun ini meningkat dibandingkan 2011 lalu. Pada 2011 lalu, angka kelulusan UN SMK hanya 99,33 persen.

Rencananya pengumuman UN tingkat SMA/SMK/MA ini dilakukan serentak pada Sabtu. Disdik meminta para pelajar tidak melakukan aksi coret-coret seragam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement