Senin 21 May 2012 15:41 WIB

UNY akan Dirikan Sekolah Laboratorium

UNY
UNY

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta ((UNY) sebagai lembaga pendidikan tinggi keguruan yang telah dipercaya menyelenggarakan program Pendidikan Profesi Guru akan mendirikan sekolah laboratorium dan sekolah binaan.

"Sebenarnya sudah tiga tahunan yang lalu wacana untuk mendirikan sekolah laboratorium dan sekolah binaan, tetapi hingga kini masih ada persoalan mengenai status kepegawaian pendidik dan tenaga kependidikan," kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rochmat Wahab di Yogyakarta, Senin (21/5).

Menurut dia dalam pidato Dies Natalis Ke-48 UNY, menyadari kebutuhan untuk tersedianya tempat praktik yang permanen, ke depan akan segera dibuat 'task force' untuk merintis sekolah laboratorium dan sekolah binaan.

"Untuk menjamin penyelenggaraan praktik pengalaman lapangan dan kuliah kerja lapangan, kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, UNY juga membutuhkan sekolah mitra, apalagi jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun terus meningkat," katanya.

Ia mengatakan, ketika jumlah mahasiswa masih terbatas, sekolah mitra UNY cukup sekolah yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Namun, ketika jumlahnya membengkak, maka pilihan sekolah mitra diperluas sampai ke wilayah Kabupaten Klaten dan Purworejo, Jawa Tengah.

"Kegiatan untuk penguasaan praktik kependidikan selain praktik pengalaman lapangan juga memerlukan mata kuliah lain yang tersebar di semua program studi kependidikan dan di semua fakultas," bebernya.

Menurut dia, kegiatan layanan praktik pengalaman lapangan telah dilakukan secara prosedural mulai dari pendaftaran, koordinasi dengan sekolah mitra, seleksi mahasiswa, pembekalan dan orientasi pengajaran.

Selain itu, pelatihan bahasa Inggris bagi calon yang praktik di sekolah bertaraf internasional (SBI) dan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI), penerjunan observasi ke sekolah, supervisi pengajaran, pelaksanaan, monitoring, dan lokakarya.

"Kegiatan praktik pengalaman lapangan itu perlu terus dilakukan penilaian efektivitasnya terutama dikaitkan dengan integrasi dengan kuliah kerja nyata," katanya.

Ia mengatakan, dilandasi kesadaran tinggi terhadap tugas pokok sebagai lembaga pendidikan tinggi keguruan, UNY berupaya menghasilkan calon pendidik dan tenaga kependidikan berkarakter dan bermartabat yang bertanggung jawab untuk membangun kejayaan generasi masa depan.

"Dengan demikian, tidak berlebihan jika UNY ingin menjadi pusat keunggulan yang dapat berkontribusi banyak dalam menyukseskan DIY sebagai provinsi pendidikan pada khususnya dan perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia pada umumnya," kata Rochmat.   

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement