Kamis 10 May 2012 23:53 WIB

Jakarta sudah Melek Pendidikan

Ujian Nasional SD (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ujian Nasional SD (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebagian besar warga di Jakarta sudah melek pendidikan yang dapat terlihat dari partisipasi rata usia didik di Jakarta menunjukkan angka yang tinggi. Untuk usia SD partisispasi aktif mencapai 100 persen, SMP 100 persen, serta SMA/SMK mencapai 95 persen.

"Itu refleksi dan cerminan orang Jakarta memahami pendidikan sangat tinggi," ujar Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo saat menggelar acara silaturahmi ulama dengan umaro di Balaikota, Kamis.

Ia mengatakan, keberhasilan pembangunan pendidikan di Jakarta saat ini menunjukkan hasil menggembirakan dengan tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) 2011, untuk tingkat SD mencapai 100 persen, SMP 99 persen, SMA 99,5 persen dan SMK 99,8 persen.

"Ukuran dunia (pendidikan) tidak ada masalah di Jakarta. Tetapi yang kita cari dunia akhirat, ini yang perlu saya dapat masukan dari alim ulama. Sehingga pembangunan di Jakarta bisa berimbang dalam hal spriritual," ujarnya.

Pasalnya, menurut Fauzi, selain membutuhkan generasi yang pintar, dibutuhkan juga lulusan yang jujur dan bertakwa sehingga dapat menciptakan pemimpin yang anti korupsi.

Pemprov DKI Jakarta sejauh ini menggandeng alim ulama untuk tetap memberikan pendidikan dalam bidang kerohanian kepada siswa yang ada di Jakarta.

"Kita tingkatkan pendidikan agama, baik dalam lingkup rumah tangga maupun masyarakat guna terciptanya generasi yang bermartabat dan sejahtera,"jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement