Sabtu 05 May 2012 16:29 WIB

Enam SD di Muko-muko tak Selenggarakan Ujian Nasional

Suasana Ujian Nasional SMP
Suasana Ujian Nasional SMP

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Dinas Pendidikan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan pada 2012 ada enam dari 133 SD/MI di daerah itu yang tidak menyelenggarakan ujian nasional karena jumlah siswa di sekolah itu masih sedikit.

"Sekolah yang tidak menyelenggarakan ujian nasional karena siswanya sedikit sekitar lima hingga enam orang sehingga kebijakannya mereka menginduk di sekolah terdekat," kata Ketua Ujian Nasional (UN) Dinas Pendidikan Kabupaten Mukomuko, Dasman Gusti, di Mukomuko, Sabtu.

Namun pengecualian bagi beberapa SD yang siswanya sedikit tetapi jauh dari sekolah penyelenggara tetap diberikan kesempatan sebagai penyelenggara UN dengan pertimbangan jarak tempuh.

"Tidak semua sekolah yang siswanya sedikit menginduk UN di SD lain, bagi SD/MI yang jauh dari sekolah penyelenggara boleh menyelenggarakan UN sendiri," ujarnya menambahkan.

Menurut dia, jumlah siswa SD/MI di daerah itu berdasarkan daftar nominasi tetap (DNT) sebanyak 3.538 orang sedangkan siswa yang gugur hingga sekarang laporannya belum diterima panitia dari pihak sekolah.

"Jumlah siswa yang gugur UN SD akan diketahui saat pelaksanaan UN hari pertama," kata kata dia lagi.

Sementara itu soal UN SD/MI untuk daerah itu telah dititipkan di setiap Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) yang tersebar di daerah itu.

"Soal ujian nasional SD untuk Mukomuko sampai pada Kamis dan langsung dititipkan untuk diamankan di masing-masing Mapolsek di kecamatan terjauh dari kota kabupaten.

Soal ujian nasional (UN) yang telah dititipkan sejak Kamis (3/5) di Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) akan didistribusikan ke setiap sekolah pada saat pelaksanaan UN hari pertama pada Senin (7/5).

"Pengamanan kami serahkan sepenuhnya kepada pihak kepolisian di Polsek termasuk distribusinya saat UN hari pertama," ujarnya menambahkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement