Jumat , 27 April 2012, 21:32 WIB

Ini Dia 'Facebook' untuk Pelajar Indonesia

Red: Endah Hapsari
SBI
Studentbook
Studentbook

REPUBLIKA.CO.ID, Siapa yang tak mengenal Facebook? Jejaring sosial satu ini memang menjadi ajang eksistensi hampir seluruh orang di dunia. Namun, keberadaan Facebook kerap dikecam karena mudah memasukkan konten negatif yang dapat merusak anak-anak dan generasi muda.

Nah, bagaimana jika ada jejaring sosial mirip Facebook yang khusus ditujukan untuk para pelajar. Asyiknya lagi, tidak hanya pelajar yang bisa eksis di situ, tetapi juga guru dan orangtua murid sekaligus.

Inilah yang ditawarkan oleh Studentbook. Boleh dibilang Studentbook merupakan sistem jejaring sosial akademik yang mengintegrasikan berbagai model interaksi pendidikan dan pembelajaran melalui internet secara lebih mudah, lebih luas, dan murah.

‘’Kami selalu berusaha untuk menjadi mitra digital bagi seluruh stakeholders pendidikan di Indonesia untuk menuju standard global. Semoga sistem jejaring sosial akademik Studentbook ini benar-benar mampu mendorong seluruh stakeholders utama dalam dunia pendidikan untuk maju, makin produktif, dan menciptakan generasi berprestasi,’’ kata Muh Irfan Nugroho, Dirut Sahabat Belajar Indonesia.

Irfan memaparkan, Studentbook ini akan menjadi sebuah sistem jejaring sosial akademik yang mengintegrasikan tiga hal sekaligus dalam satu sistem berbasis web yakni sistem informasi akademik, komunikasi akademik stakeholders pendidikan, dan e-learning.

Studentbook diharapkan dapat memenuhi harapan tentang adanya suatu media belajar dan komunikasi antar semua pihak yang ada dalam proses belajar yaitu sekolah, guru, siswa, dan orangtua. ‘’Studentbook bukan semata portal, Studentbook adalah platform. Boleh jadi, inilah platform pendidikan terlengkap di Indonesia,’’ tutur Rangga Aditya, pembangun platform Studentbook.

Rencananya, peluncuran Studentbook ini akan dilakukan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei mendatang di SD Muhammadiyah 3 Wirobrajan, Yogyakarta.

Sumber : rilis