Ahad 15 Apr 2012 15:54 WIB

UN Masih Dibayangi Isu 'Bocoran' Kunci Jawaban

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Dewi Mardiani
Petugas tengah mengawasi pengiriman soal Ujian Nasional (UN).
Foto: Republika/Imam Budi Utomo
Petugas tengah mengawasi pengiriman soal Ujian Nasional (UN).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -— Isu ‘bocoran’ kunci jawaban soal masih mewarnai pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2011/2012 jenjang SMA. Informasi kunci jawaban ini beredar di tengah-tengah siswa, baik melalui pesan singkat maupun lisan.

Perihal informasi kunci jawaban soal ini diungkapkan sendiri oleh Kepala Sekolah SMAN 6 Pamulanag, Tangerang Selatan, Drs Agus Purwanto, kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, pada sidak persiapan UN 2011/2012 di sekolah ini, Ahad (15/4).

Kepada Mendikbud, Agus menuturkan, informasi kunci jawaban soal UN ini sudah beredar dan laporannya sudah masuk kepadanya. “Tiap paket jawaban soal ditawarkan dengan harga Rp 70 ribu,” jelas Agus.

Artinya, untuk lima paket soal UN jenjang SMA/SMALB/MA dan SMK yang sudah disiapkan dalam lima paket berbeda bisa didapatkan dengan hanya Rp 350 ribu. Pihak SMAN 6 Tangerang Selatan sudah wanti-wanti kepada para peserta didiknya untuk tidak gampang terpengaruh isu kunci jawaban soal ini.

Kami sampaikan masalah beredarnya kunci jawaban soal ini sudah menjadi hal yang jamak terjadi setiap menjelang pelaksanaan UN. Sangat tidak mungkin semua proses pengamanan dilakukan sedemikian ketat masih ada kebocoran  kunci jawaban,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement