Rabu 11 Apr 2012 13:02 WIB

Soal UN SMA Didistribusikan Akhir Pekan Ini

Rep: Yulianingsih/ Red: Hafidz Muftisany
Polisi Ikut Mengawal Distribusi Soal UN
Foto: Republika/Aditya
Polisi Ikut Mengawal Distribusi Soal UN

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Distribusi soal ujian nasional (UN) bagi siswa SMA/MA/SMK di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) rencananya akan dilakukan pada akhir pekan ini. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY, Baskara Aji mengatakan, soal UN akan dikirim ke gudang Dikpora dari percetakan soal UN di Kudus Jawa Tengah, Jumat (13/4) mendatang.

"Soal akan kita terima Jumat besok, kita simpan digudang semalam baru didistribusikan Sabtu pagi," terangnya, Rabu (11/4).

Menurutnya, pada Sabtu (14/4) mendatang soal UN tingkat SMA tersebut akan dikirim ke masing-masing kelompok kerja (pokja) di kabupaten/kota di DIY. Soal UN tersebut akan menginap di Pokja sebelum didistribusikan ke sekolah.

Distribusi ke sekolah sendiri kata Aji, dilakukan setiap pagi sesuai dengan mata pelajaran yang di ujikan saat itu. "Jadi soal yang terakhir diujikan akan nginap lebih lama di Pokja," tambahnya.

Namun begitu kata dia, pihaknya menjamin soal-soal tersebut akan aman di gudang Dikpora maupun di masing-masing Pokja. Pasalnya pengawasan soal UN dilakukan secara intensif oleh tim Dikpora Provinsi, Dinas Pendidikan, tim guru dan tim independen dari dosen-dosen perguruan tinggi.

Saat inipun kata Aji, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan seluruh Pokja dan tim pengawas terkait hal tersebut. Pelaksanaan UN tingkat SMA sendiri akan dilakukan Senin-Kamis (16/19) mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement