Sabtu 31 Mar 2012 02:39 WIB

Asyik, Pemerintah Siapkan Sekolah Film Baru

Mari Elka Pangestu
Foto: umm.ac.id
Mari Elka Pangestu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Untuk membangun industri film dalam negeri, pemerintah berencana membangun sekolah film. Lantaran itulah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersinergi membangun industri film yang memiliki prospek sangat bagus di Indonesia.

Menparekraf Mari Elka Pangestu mengatakan masalah SDM sangat penting dalam membangun industri perfilman. Sayangnya, saat ini Indonesia baru memiliki satu pendidikan tinggi jurusan perfilman, yakni Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

"Kemenparekraf dan Kemdikbud akan bersinergi untuk memberikan akses pendidikan dan pelatihan seluas-luasnya kepada insan perfilman," ujarnya. Kemendikbud, lanjut dia, akan berupaya untuk mengembangkan institusi pendidikan formal yang terkait dengan perfilman, sehingga dapat dihasilkan pekerja-pekerja film yang andal.

Sedangkan Kemenparekraf akan memperkuat pekerja film Indonesia untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengelola produksi film, memahami perkembangan teknologi perfilman melalui pendidikan informal, lokakarya, kerja sama dengan perusahaan-perusahaan film di dunia, ataupun kerja sama produksi dengan produser film luar negeri.

 

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement