Selasa 06 Mar 2012 11:35 WIB

Mau Belajar Gratis ke Jerman? Ini Caranya

Bendera Jerman
Bendera Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO--Berminat belajar gratis ke Jerman? Jika ya, persiapkan diri Anda. Ini karena Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyiapkan beasiswa bagi sepuluh siswa terpilih di daerah itu untuk menempuh pendidikan Program S1 di Jerman.

Ia meminta Dinas Pendidikan dan Olahraga segera menyeleksi kesepuluh siswa tamatan SMA, MA maupun SMK tersebut.

"Jika sudah mendapatkan sepuluh terbaik yang merupakan lulusan tahun ini, maka mereka harus segera mempersiapkan diri kuliah di Jerman," ujarnya, Selasa (6/3).

Beasiswa tersebut diharapkan menjadi pendorong munculnya para ahli di bidangnya yang berasal dari Gorontalo. Rusli mengaku kecewa melihat beberapa perusahaan besar di Gorontalo, karena tidak ada putra daerah yang memegang posisi penting maupun ahli lokal yang diambil. "Orang Gorontalo paling tinggi jadi petugas keamanan atau tukang sapu. Kami akan ubah kondisi ini dengan mencetak orang-orang profesional asli Gorontalo," ungkapnya.

Gubernur memilih Jerman sebagai tujuan beasiswa, selain kualitas pendidikannya, negara ini juga menyediakan beasiswa bagi siswa Indonesia. Hal tersebut akan membantu pemerintah provinsi untuk menyediakan biaya hidup bagi para siswa yang akan dikirim ke Jerman.

Ia berharap, setelah menempuh kuliah di luar negeri, kesepuluh siswa kembali ke daerah asal untuk membantu pemerintah dalam membangun Gorontalo. Sebelumnya, gubernur juga meluncurkan program pendidikan gratis untuk seluruh siswa SMA, MA, dan SMK baik swasta maupun negeri.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement