Kamis 23 Feb 2012 23:47 WIB

Wow, Mahasiswa Indonesia Timur Kuliah via Skype

Layanan video call Skype (ilustrasi).
Foto: skype.com
Layanan video call Skype (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR - Paguyuban Konsorsium PTN Kawasan Timur Indonesia (KPTN KTI) menggagas Pengajaran Jarak Jauh (PJJ) memanfaatkan teknologi skype yang memungkinkan dosen dengan mahasiswa bertatap muka meski lokasinya berjauhan.

Hal itu dilakukan untuk menyiasati keterisolasian geografis dan memacu terpenuhinya sumberdaya manusia yang berkualifikasi magister dan doktor yang berkualitas.

Gagasan tersebut mengemuka pada Rapat Kerja KPTN KTI di Kupang, Nusa Tenggara Timur yang dibuka Ketua KPTN KTI Prof Frans Umbu Data yang juga Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang, kata Kepala Humas Universitas Hasanuddin (Unhas) Dahlan Abubakar melalui telepon selular Kupang-Makassar, Kamis (23/2) malam.

Kuliah yang memanfaatkan skype , para mahasiswa dapat berkomunikasi langsung dengan para dosen. "Tinggal mahasiswa memiliki laptop yang diperlengkapi dengan kamera dan program studi mana yang akan dijadikan program unggulan tiap perguruan tinggi," ujar Wakil Rektor I Unhas Prof Dr Dadang Ahmad Suriamiharja, yang memimpin rapat Komisi Pendidikan dan Pengajaran Raker.

Namun, ada juga peserta yang mengomentari, unsur budaya tiap wilayah dan perguruan tinggi hendaknya menjadi bahan pertimbangan dalam penerapan kuliah memanfaatkan skype ini. Oleh sebab itu, hendaknya dipersiapkan sematang mungkin, sebelum model ini diterapkan.

Ketua KPTN KTI Prof Frans Umbu Data mengatakan, dalam raker ini dibahas bagaimana memanfaatkan potensi yang ada pada masing-masing anggota untuk mengakselerasi pembangunan di kawasan ini.

"Kita dituntut menjadi world class university (WCU), paling tidak dapat seperti universitas lain di Indonesia yang sudah masuk dalam jajaran WCU," ujar Frans Umbu Data.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement