Kamis 23 Feb 2012 23:07 WIB

Duh, Gaji Guru Honorer Cuma Rp100 Ribu Sebulan

Guru Honorer
Guru Honorer

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG - Gaji guru honorer di Serang, Provinsi Banten, masih di bawah upah minimum kabupaten, sehingga pemerintah harus mengalokasikan dana untuk kesejahteraan mereka.

"Saat ini gaji guru honorer antara Rp100 ribu sampai Rp200 ribu per bulan, atau di bawah upah minimum kabupaten (UMK) Serang sebesar Rp1,2 juta per bulan," kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Serang Odjat Sukardjat di Serang, Kamis (23/2).

Menurut dia, gaji yang diterima guru honorer itu tentu tidak mencukupi untuk kebutuhan keluarga selama sebulan, terlebih saat ini harga-harga naik. Meskipun gaji di bawah UMK, mereka para guru bersemangat mengajar guna meningkatkan pembangunan manusia.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah harus memberikan kesejahteraan bagi guru honorer dengan meningkatkan anggaran. Selama ini, kata dia, pemerintah daerah tak memiliki anggaran untuk tunjangan terhadap guru honorer.

"Pemerintah daerah hanya mampu memberikan tunjangan guru honorer alakadarnya karena keterbatasan dana itu," ujarnya. Ia menyebutkan, jumlah guru honorer di Kota Serang tercatat 3.886 orang dan dibagi dengan kategori satu sebanyak 67 orang dan kategori dua 3.601 orang.

Bahkan, mereka para guru honor ada yang mengabdikan 10 sampai 15 tahun karena ingin diangkat menjadi status pegawai negeri sipil (PNS). "Kami merasa prihatin gaji guru honorer Rp100 sampai Rp200 ribu dan sama saja melecehkan profesi tenaga pendidik," katanya.

Ia menjelaskan, saat ini dunia pendidikan dan masyarakat membutuhkan para guru honorer karena banyak sekolah-sekolah kekurangan guru.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement