Jumat 10 Feb 2012 16:08 WIB

Ssstt... UIN Susqa Riau Juga Ada Fakultas Kedokterannya Juga Lho

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU - Rektor Universitas Islam Negeri 'Sultan Syarif Qasim', Muhammad Nazir Karim, mengatakan, pihaknya kini tengah merancang pendirian fakultas baru, yakni Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

"Lewat institusi akademik baru itu, kami ingin mengintegrasikan antara ilmu pengetahuan dengan konsep Islam. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ini tengah kami rancang, bahkan asrama untuk mahasiswanya pun' tengah disiapkan," kata Rektor di Pekanbaru, Jumat (10/2).

Dikatakan, persiapan pembangunan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Sultan Syafir Qasim (UIN Susqa) tersebut, dilakukan secara menyeluruh, tidak hanya soal bangunan perkuliahannya saja, tapi juga kurikulum, para dosen dan keperluan mahasiswa seperti pemondokan atau asramanya.

"Akan kami persiapkan selengkap mungkin, sebagaimana layaknya mendirikan sebuah fakultas kedokteran. Karena kami bertekad menjadikannya sebagai fakultas kedokteran yang 'terbilang' (unggul) di Sumatra," ujarnya.

Nazir Karim mengatakan, perkembangan UIN Susqa saat ini sangat pesat. Bahkan, menurut dia, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia pun mengakui hal itu.

Perkembangan tersebut, paparnya, tidak hanya di bidang infrastrukturnya saja, tapi juga jumlah mahasiswa dan peminatnya. "Dan tak kalah penting adalah peningkatan kualitas para dosen yang mengajar di sini, karena yang menjadi patokan majunya sebuah perguruan tinggi itu dilihat dari kualitas dosen yang mengajar di universitas tersebut," ujar Nazir Karim.

Dipaparkan Rektor, pendirian fakultas baru ini bukan sekadar gagah-gagahan belaka, tapi bagaimana memberikan makna terhadap pembagunan UIN dan masa depan lembaga pendidikan ini.

"Pemikiran-pemikiran untuk kemajuan sangat diperlukan. Kami berharap ada masukan-masukan yang berarti untuk kemajuan pendidikan yang berbasis Islam di daerah ini nantinya," ujar Muhammad Nazir Karim.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement