Senin, 21 Jumadil Akhir 1435 / 21 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Honor Guru SMK Halal Bontang Termahal Ketiga

Kamis, 09 Februari 2012, 10:45 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID, BONTANG - Honor guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Halal, Kota Bontang, Kalimantan Timur, menjadi yang termahal ketiga di kota khatulistiwa itu setelah Sekolah Yayasan Pupuk Kaltim dan Sekolah Vidatra milik PT Badak NGL.

"Honor guru di SMK Halal per jam sebesar Rp 10.000 dan merupakan gaji tertinggi di sekolah swasta di Bontang, setelah guru di YPK dan Vidatra yang memberikan honor guru Rp 20.000 per jam pelajaran," kata Ketua Yayasan Pendidikan Cendikia Bontang Indonesia yang menaungi SMK Halal, Baidlowi SAg MPd, di Bontang, Kamis (9/2).

Kepala SMA Monamas Bontang sejak 2009 sampai dengan sekarang ini juga menuturkan bahwa rata-rata honor guru swasta saat ini Rp 5 ribu per jam pelajaran. SMK Halal didirikan mengingat kebutuhan tenaga kerja untuk Halal Group per tahun mencapai 100 orang.

"Dengan memiliki institusi pendidikan sendiri maka kebutuhan tenaga kerja untuk berbagai kelembagaan Halal Group bisa dipasok dan dipersiapkan sendiri melalui SMK Halal," terang Ketua Persatuan Guru Swasta periode 2009-2014 itu.

Dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja di sindikasi Halal Group selama ini bekerja sama dengan SMK Putra Bangsa dan SMK YKPP. Dia mengaku terinspirasi Imam Syafii yang mendirikan sekolah langsung kerja.

Baidlowi mengilustrasikan untuk siswa SMK Halal angkatan pertama ini terbagi dalam empat kelas, yang merupakan rekrutmen awal 65 siswa dan sisanya limpahan eks SMK Monamas Jurusan Kesehatan Keperawatan sebanyak 51 siswa, saat ini dididik dan begitu lulus akan langsung kerja.

"Mereka memang bukan ikatan dinas, tetapi jika mau maka akan langsung diberi kesempatan bekerja di 10 perusahaan di bawah naungan Halal Group. Tetapi alumni tetap diberi kebebasan untuk tetap bekerja di berbagai usaha Halal Group atau keluar memilih bekerja di tempat lain," kata mantan Kepala Desa di Jombang itu.

Kiprah merintis institusi pendidikan, sebenarnya telah dilakukan sebelumnya dengan program diploma satu, dan kini Lembaga Pendidikan Cendekia Indonesia (LPCI) telah dibuka kembali yang lulusannya setara diploma satu.

Mahasiswa dalam satu tahun perkuliahan, terbagi untuk belajar teori enam bulan dan untuk praktek enam bulan. Sama seperti lulusan SMK Halal nantinya, lulusan LPCI tinggal memilih bekerja di sindikasi Halal Group atau tempat lain. "Ke depan, LPCI ini akan diproyeksikan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah," ujarnya.

Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Antara
Orang yang bahagia ialah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan dia bersabar((HR. Ahmad dan Abu Dawud))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar