Kamis , 09 Februari 2012, 03:48 WIB

Pertamina Foundation Gagas Sekolah Sobat Bumi

Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pertamina Foundation menggagas Program Sekolah Sobat Bumi (SSB).

"Sekolah Sobat Bumi ini seperti 'multi level marketing', sekolah yang sudah bagus akan berbagi dan direplikasi ke sekolah-sekolah yang lain," kata Direktur Eksekutif Pertamina Foundation, Nina Nurlina Pramono, saat penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pertamina Foundation dengan Satgas REDD+.

Program ini dilaksanakan atas dukungan Satuan Tugas Reducing Emission from Deforestation and Forest Degradation Plus (Satgas REDD+)

"Saya sambut baik program ini, kami dukung karena perubahan dimulai dari pendidikan terutama anak-anak dan ibu-ibu," kata Ketua Satgas REDD+, Kuntoro Mangkusubroto.

Pelaksanaan Program SSB akan tersebar di delapan provinsi yakni, DKI Jakarta, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Riau, Lampung, dan Kalimantan Timur.

Total Program SSB ada 17 SSB Champion dari berbagai jenjang, yakni SD tujuh sekolah, SMP lima sekolah, dan SMA lima sekolah yang merupakan peraih penghargaan Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Melalui kerjasama tersebut diharapkan dalam kurun waktu tiga tahun akan muncul 170 sekolah hijau yang tersebar dari hasil binaan 17 SSB Champion.

Program ini menggelontorkan dana sekitar 10 miliar untuk 17 SSB untuk berbagai program sesuai wilayah, seperti pelatihan, mobilitas, dan lain-lain.

Sumber : antara