Rabu 25 Jan 2012 15:20 WIB

Kuota SNMPTN Sekolah Terakreditasi B dan C Naik

Rep: Yulianingsih/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA - Kuota masuk bagi siswa SMA/SMK di sekolah yang sudah terakreditasi B dam C pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan pada tahun ini naik. Pada SNMPTN 2011 lalu kuota bagi sekolah terakreditasi B hanya 25 persen dan akreditasi C sebanyak 10 persen. Tapi pada SNMPTN tahun ini kuotanya naik menjadi 30 persen untuk sekolah terakreditasi B dan 15 persen untuk sekolah yang terakreditasi C.

Menurut, Direktur Administrasi Akademik (DAA) UGM, Budi Prasetyo, kebijakan itu diambil karena tidak ada lagi kuota bagi bagi sekolah berstandar internasional (RSBI) dan sekolah akselerasi. Kuota bagi sekolah tersebut dilakukan berdasarkan standar akreditasi bukan atas dasar RSBI atau akselerasi.

"Kebijakan ini diambil karena RSBI dan akselerasi itu mempunyai standar nilai kelas reguler, jadi disamakan. Kalau tahun lalu RSBI bisa mendaftarkan 100 persen siswanya ke jalur undangan," terang Budi yang juga tim pokja jalur Undangan SNMPTN 2012, Rabu (25/1).

Menurut Budi, tahun ini sekolah yang memiliki akreditasi A bisa mendaftarkan 50 persen siswanya untuk mengikuti proses seleksi SNMPTN jalur Undangan. Sedangkan sisanya 5 persen diperuntukkan bagi sekolah-sekolah lain yang belum terakreditasi. "Dengan persentase akreditasi ini maka akselerasi atau program RSBI tidak lagi diperhitungkan,"ungkapnya.   

Budi menambahkan, siswa yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) dipastikan tidak bisa mengikuti seleksi jalur Undangan SNMPTN tahun ini. Apalagi pengumuman seleksi jalur ini akan dilaksanakan pada 28 Mei mendatang setelah hasil UN untuk tingkat SMA/SMK diumumkan pada 26 Mei.

Penilaian jalur Undangan tersebut juga didasarkan pada nilai siswa dari semester tiga hingga lima selain hasil UN. Hal ini dilakukan karena PTN harus menghargai proses pendidikan selama di sekolah. "Jadi untuk jalur Undangan ini memang mensyaratkan kelulusan ujian nasional. Kami mengundang institusi pendidikan untuk mengirimkan daftar nama siswanya yang berprestasi," tambahnya.

Pada SNMPTN 2012 ini, UGM menjaring 8.179 mahasiswa baru (maba). Jumlah ini terdiri dari 4.712 mahasiswa yang dijaring dari jalur undangan dan 3.467 mahasiswa dari jalur Ujian Tulis (utul) di 68 program studi (prodi).   

"UGM menjaring 60 persen mahasiswa baru dari jalur Undangan, sedangkan sisanya 40 persen dari ujian tulis dalam SNMPTN tahun ini. Kami tidak lagi menyelenggarakan ujian masuk mandiri karena kami menganggap jalur Undangan sudah mengakomodasi kebutuhan mahasiswa berprestasi di UGM," jelasnya.   

Humas Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Lena Satlita mengatakan, pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://undangan.snmptn.ac.id.

"Tatacara pengisian berkas pendaftaran Jalur Undangan dapat diunduh (download) dari laman http://undangan.snmptn.ac.id mulai tanggal 20 Januari 2012," terangnya. UNY sendiri juga mengikuti SNMPTN jalur ini bersama UGM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement