Kamis 29 Dec 2011 21:37 WIB

Tim Transisi UI Terbentuk

Rep: Fernan Rahadi/ Red: Djibril Muhammad
Menteri Pendidikan M Nuh.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Pendidikan M Nuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tim transisi UI akhirnya terbentuk. Meskipun sampai batas terakhir yang ditetapkan baru empat stakeholder yang menyerahkan nama-nama calon anggota tim tersebut, namun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tetap akan meminta tim tersebut mulai bekerja.

"Tim transisi tetap terbentuk. Insya Allah besok (Jumat 30/12) saya SK-kan supaya langsung bekerja," ujar Nuh melalui pesan singkatnya kepada Republika, Kamis (29/12) malam.

Nuh menyebutkan baru empat stakeholder yang menyerahkan nama ke dirinya yakni Eksekutif (Rektorat UI), Majelis Wali Amanat (WMA) UI, Dewan Audit, dan perwakilan karyawan. Eksekutif UI akan diwakili oleh Nasikin, seorang profesor di Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik UI.

Sedangkan MWA diwakili Anwar Nasution, seorang guru besar Ilmu Ekonomi UI yang juga merupakan mantan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Tiga stakeholder lain yang belum menyerahkan nama ke Kemendikbud adalah Dewan Guru Besar, perwakilan senat, dan perwakilan mahasiswa. Khusus perwakilan senat, Nuh memaklumi karena saat ini masih terdapat dua senat di UI yakni Senat Akademik Universitas (SAU) dan Senat Universitas (SU).

"Jadi perwakilan dari senat menyusul setelah terdapat SAU bentukan tim transisi," ujar Nuh.

Tugas-tugas tim transisi nanti, ujar Nuh, di antaranya adalah membentuk SAU, menyiapkan pemilihan MWA baru, serta menyiapkan pemilihan rektor baru Agustus 2012 nanti.

Sebelumnya, sepekan lalu, Mendikbud untuk kesekian kalinya turun tangan untuk memediasi konflik internal UI. Hasilnya dua pihak yang bermasalah, yakni rektorat UI dan MWA, akhirnya sepakat membentuk tim transisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement