Rabu 18 Oct 2017 15:06 WIB

Dengarkan Musik Aktifkan Fungsi Otak Pasien Demensia

Rep: RR LAENY/ Red: Winda Destiana Putri
Ilustrasi Demensia
Foto: pixabay
Ilustrasi Demensia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mendengarkan musik dapat lebih membangkitkan otak kiri dan kanan Orang Dengan Demensia (ODD) secara positif. Direktur Regional Alzheimer's Disease International-Asia Pasifik DY Suharya mengatakan, mendengarkan musik dan bernyanyi disinyalir akan mengaktifkan otak kiri dan kanan pasien demensia. 

"Otak akan bekerja secara menyeluruh dan membuat ODD menggunakan kapasitas otak lebih dari biasanya dan memacu berbagai fungsi otak," katanya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika. Selain itu, kata dia, mendengarkan musik bagi ODD dapat membuat suasana hati lebih tenang dan merangsang interaksi positif, memfasilitasi fungsi kognitif dan mengkoordinasikan gerakan motorik.

Direktur Eksekutif Alzheimer's Indonesia Sakurayuki menambahkan, mendengarkan musik dapat membuat ODD lebih tenang dalam menghadapi sundown syndrome, yaitu perilaku saat ODD mengalami disorientasi dan kebingungan menjelang matahari terbenam. Musik dapat membantu ODD lebih rileks dan membuat suasana hati lebih terjaga.

"Sementara bagi anak muda dan lansia yang tidak terkena demensia, mendengarkan musik dapat mengurangi risiko demensia di masa yang akan datang karena mengurangi risiko depresi," katanya.

Untuk itu, Alzheimer's Indonesia berkolaborasi bersama Alumni Paragita Universitas Indonesia dan berbagai mitra dan pendukung lainnya membuat konser amal Remember Me Charity Concert dengan mengajak masyarakat untuk berbagi keceriaan dengan menyanyikan berbagai lagu-lagu populer.

Konser ini akan digelar di Erasmus Huis, Jakarta pada Sabtu, 21 Oktober 2017 mendatang. Beberapa musisi dan penyanyi ternama seperti Aning Katamsi, Amoroso Katamsi, Andi Rianto, Dewi Lestari, Farman Purnama Disciples Voice dan Paduan Suara Mahasiswa Paragita Universitas Indonesia (UI) beserta alumni Paragita UI juga Gery Puraatmadja selaku Narator siap untuk berkontribusi dan menyumbang talentanya dalam konser amal ini.

Ketua Panitia Remember Me Charity Concert Priska Hutabarat menambahkan, seluruh hasil penjualan tiket akan disumbangkan melalui Alzheimer Indonesia untuk meningkatkan kualitas hidup ODD dan pendampingnya. "Dengan konser ini kami harap kesadaran masyarakat terkait penyakit alzheimer dapat terus meningkat dan kualitas hidup masyarakat dapat terjaga dengan mendengarkan musik-musik berkualitas," ujarnya.

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement