Jumat 25 Nov 2011 20:22 WIB

IPB dan IMZ Gelar Workshop Penulisan Kemanusiaan

Rektor III Bidang Kemahasiswaan IPB, Yonny Kusmaryono (kiri), secara simbolis menerima Beasiswa Berkah kepada 20 mahasiswa IPB dari pimpinan Bank Permata Syariah, Achmad Kusna Permana.
Foto: Dok. LPI DD
Rektor III Bidang Kemahasiswaan IPB, Yonny Kusmaryono (kiri), secara simbolis menerima Beasiswa Berkah kepada 20 mahasiswa IPB dari pimpinan Bank Permata Syariah, Achmad Kusna Permana.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Institut Pertanian Bogor bekerja sama dengan Indonesia Magnifience of Zakat (IMZ) --anak cabang Dompet Dhuafa-- dan Bank Permata menggelar seminar dan workshop penulisan bertemakan kemanusiaan “HUMANS” (Humanity by Words), Sabtu (19/11) lalu.

Acara yang digelar di Gedung Kuliah A Fakultas Pertanian IPB ini dihadiri sekitar 170 mahasiswa IPB. “Antusiasme mahasiswa IPB sangat besar sehingga jumlah pendaftar melebihi kapasitas yang ada. Panitia sempat kewalahan untuk masalah registrasi, karena registrasi hanya dilakukan via sms sehingga tidak kepastian datang atau tidak. Kami pun bingung harus mendahulukan yang mana,” tutur salah satu panitia, Igbal, dalam sebuah rilis.

Ia mengatakan ketika merencanakan kegiatan ini, kampus yang pertama kali terlintas adalah IPB karena kampus ini lumbung para aktivis, terutama aktivis zakat dan kemanusiaan. “Lebih dari itu, para pembicara dan BANK Permata syariah menaruh perhatian besar kepada IPB karena IPB memiliki antusiasme tinggi dalam dunia jurnalisme, dan itu terbukti benar,” lanjut Iqbal yang merupakan perwakilan IMZ ini.

Acara ini menghadirkan penulis-penulis yang bergerak dalam bidang kemanusiaan, diantaranya A Fuadi yang merupakan penulis buku best seller ‘Negeri Lima Menara’ dan ‘Ranah Tiga Warna’ serta wartawan kemanusiaan Sunaryo Adiatmoko.

Melalui seminar ini, peserta diharapkan mampu meningkatkan kemampuan menulisnya, terutama yang bertemakan kemanusiaan. Panitia juga akan menggelar lomba menulis kemanusiaan bagi para peserta.

Dalam acara HUMANS ini juga diperkenalkan Beasiswa Berkah dari Bank Permata Syariah berjumlah 150 juta rupiah yang diperuntukkan kepada 20 mahasiswa IPB. Beasiswa ini diserahkan secara simbolik oleh pimpinan Bank Permata Syariah, Achmad Kusna Permana, kepada Rektor III Bidang Kemahasiswaan IPB, Yonny Kusmaryono.

Rencananya, panitia akan menggelar roadshow kegiatan sejenis ke lima kampus lainnya di sekitar Jakarta, Bogor, dan Bandung, yakni ITB UI, UNJ, UIN dan TRISAKTI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement