Friday, 24 Zulqaidah 1435 / 19 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Di Jateng, Beasiswa untuk PTS Masih Rendah

Wednesday, 23 November 2011, 14:46 WIB
Komentar : 1
yeppopo.wordpress.com
Beasiswa (ilustrasi)
Beasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Beasiswa pendidikan dari pemerintah kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dinilai masih minim. Hingga kini total mahasiwa dari PTS yang mendapat beasiswa sekitar 28 ribu orang. Padahal total mahasiswa PTS di Jawa Tengah mencapai 280 ribu orang.

"Baru sepuluh persen yang mendapat beasiswa dari pemerintah," ujar Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IV Jawa Tengah, Mustafid, Rabu (23/11).

Beasiswa yang diberikan pemerintah meliputi beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) untuk mahasiswa miskin dan Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) untuk mahasiswa berprestasi. Sisanya, para pengelola PTS harus mencari sendiri beasiswa untuk mahasiswanya.

Diakui dia, jumlah beasiswa pemerintah bagi PTS jauh lebih sedikit dari yang diterima PTN. Apalagi jika kemudian kuota dibagi rata untuk seluruh PTS yang ada.

Pihaknya menyebut, jatah beasiswa yang diberikan pemerintah akan dibagi rata pada setiap PTS di Jateng. Akibatnya masing-masing PTS akan mendapat jatah beasiswa pemerintah yang lebih sedikit.

Kerja sama dengan berbagai pihak, kata Murtafid, akan menjadi lahan promosi bagi PTS yang bisa memanfaatkannya. "Terlebih jika ada kerja sama penempatan tenaga kerja bagi lulusannya," ucapnya.

Dirinya menyebut, PTS memang harus lebih kreatif mencari beasiswa bagi mahasiswa. Pasalnya hal ini nantinya akan menjadi nilai lebih bagi PTS itu sendiri dalam mendapatkan calon mahasiswa baru.

Terkait beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa miskin, Mustafid mengatakan saat ini baru ada untuk PTN saja. Namun tidak menutup kemungkinan di masa mendatang PTS juga akan mendapatkan Bidik Misi untuk mahasiswanya yang kurang mampu.

Pihaknya sudah mengusulkan agar PTS juga diberi jatah beasiswa Bidik Misi. Sebab, hal ini diyakini mampu membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. "Kami optimis suatu saat PTS diberi jatah," kata Mustafid yakin.



Reporter : Qommarria Rostanti
Redaktur : Djibril Muhammad
Orang yang bahagia ialah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan dia bersabar((HR. Ahmad dan Abu Dawud))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Gadai SK, Jadi Cerminan Masalah RUU Pilkada?
 MAKASSAR -- Belakangan ini banyak anggota DPRD terpilih yang menggadaikan SK. Terkaiy hal tersebut pakar komunikasi politik Effendi Gazali menilai itu sebuah hal...