Kamis 10 Nov 2011 06:57 WIB

Siswa tak Mampu se-Kabupaten Agama dapat Beasiswa

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUKBASUNG, SUMBAR - Sebanyak 1.385 siswa SMA sederajat se-Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mendapatkan beasiswa pelajar miskin sebesar Rp 350.000 per orang setiap bulan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) Provinsi Sumbar tahun 2011.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Erwin Umar di Lubukbasung, Rabu, mengatakan, pelajar miskin yang akan mendapatkan beasiswa ini telah terdata dan dalam waktu dekat beasiswa itu akan diserahkan.

Mekanisme penyaluran bantuan beasiswa pelajar miskin ini dilakukan melalui PT Pos Indonesia. Setiap siswa akan menerima secara langsung dana tersebut melalui wesel. "Mereka bisa mengambil uang ini di kantor Pos terdekat dengan bukti yang telah mereka terima," sebutnya.

Kata dia, total beasiswa yang akan cair untuk Kabupaten Agam sebanyak Rp 475.300.000 untuk 1.385 pelajar dari keluarga miskin.

Pemberian beasiswa ini berdasarkan surat dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat Nomor 421.4/2043/SMP.A.K/2011 tanggal 12 September 2011, tentang penetapan nama siswa penerima beasiswa miskin tingkat SLTA dan kuota siswa penerima beasiswa miskin tingkat SLTP (SMP/MTs) per kabupaten/Kota se-Sumatera Barat.

Kata dia, beasiswa yang diberikan ini bertujuan membantu para siswa untuk memenuhi kebutuhan mereka agar bisa melanjutkan sekolah. "Dengan diberikan beasiswa miskin ini, tidak ada lagi siswa yang putus sekolah dengan alasan tidak ada biaya," tambahnya.

Selain itu, beasiswa yang diberikan tersebut untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengurangi siswa yang akan putus sekolah karena faktor ekonomi.

Menurut dia, beasiswa miskin atau bantuan siswa miskin yang diberikan ini berbeda dengan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dana BOS diberikan untuk menanggulangi kebutuhan sekolah yang langsung dikelola oleh sekolah bersangkutan, sedangkan beasiswa miskin ini langsung diberikan kepada siswa.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement