Sabtu 22 Oct 2011 16:28 WIB

Amikom Targetkan 20 Persen Lulusan Menjadi Pengusaha

Rep: agus raharjo/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,Yogyakarta--Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (Stmik) Amikom, melalui Ketua Yayasannya, Khalis Purwanto menyampaikan tekadnya untuk menjadikan 20% lulusannya menjadi pengusaha. Hal ini disampaikannya saat memberi sambutan pada acara wisuda ke-40 sekolah bernuansa ungu tersebut di Grha Sarina Vidi, Sabtu (22/10).

"Sejak beberapa waktu, Stimik Amikom Yogyakarta bertekad mencetak 20% alumninya menjadi pengusaha. Tekad ini bukan mengada-ada, namun by design," katanya saat memberi sambutan di hadapan wisudawan/ wisudawati beserta orangtua mereka.

Khalis menambahkan, pihaknya tengah menyempurnakan ramuan untuk menyuntikkan virus kemandirian pada alumninya. Sebagai gambarannya, lanjut Khalis, para wisudawan dibekali pengetahuan, ketrampilan serta jiwa mandiri baik di perkuliahan maupun pada tugas mandiri dan terstruktur.

Pembekalan itu antara lain, diwajibkannya mahasiswa baru untuk mengikuti pelatihan super unggul ketika masa orientasi. Menurut Khalis, pelatihan ini mengajarkan pada mahasiswa agar berani untuk bermimpi.

Mimpi, kata dia, adalah kunci untuk berprestasi. Mimpi juga bisa dianggap sebagai blueprint masa depan. Dalam waktu yang relatif singkat, mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini langsung menyatakan kesiapannya untuk berlatih mandiri, lanjut Khalis.

Pada periode wisuda ke-40 ini, Amikom resmi melepas 400 mahasiswanya untuk memasuki dunia kerja. Dari 400 wisudawan/ wisudawati yang melepas status mahasiswa, sebanyak 35 orang lulus dengan status cumlaude. Anozi Mada, Sarjana Sistem Informasi yang memperoleh Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,86 menjadi 'best of the best' pada wisuda kali ini.

Ketua Stmik Amikom, Mohammad Suyanto dalam sambutannya berpesan pada lulusan agar menggunakan momentum wisuda kali ini sebagai tonggak awal meraih kesuksesan di masa yang akan datang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement