Jumat, 18 Jumadil Akhir 1435 / 18 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Universitas Brawijaya Buka Kuliah Jarak Jauh di Seluruh Indonesia

Senin, 17 Oktober 2011, 07:42 WIB
Komentar : 1
Prof.Dr. Yogi Sugito
Prof.Dr. Yogi Sugito

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG--Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, segera membuka program kuliah jarak jauh bagi mahasiswa di seluruh Tanah Air. Rektor Universitas Brawijaya (UB) Malang Prof Dr Yogi Sugito, Senin, menyatakan, segala persiapan untuk mematangkan konsep program kuliah jarak jauh tersebut sudah dilakukan dan saat ini tinggal membuka pendaftaran saja.

"Semua persiapan terutama yang berkaitan dengan teknologi yang mendukung kuliah jarak jauh bagi mahasiswa sudah dimatangkan, termasuk bagaimana mahasiswa mendapatkan materi kuliah dengan mudah," katanya.

Menurut dia, materi kuliah jarak jauh tersebut dikirimkan ke masing-masing mahasiswa dengan memanfaatkan jaringan teknologi canggih, sehingga kuliah tidak harus tatap muka (bertemu secara fisik). Cukup dengan memanfaatkan kecanggihan tekonologi saja.

Yogi mengatakan, program kuliah jarak jauh tersebut akan dibuka tahun depan (2012) untuk beberapa jurusan. Sedangkan untuk Fakultas Pertanian program studi agribisnis sudah dimulai tahun ini (2011).

Sebenarnya, kata Yogi, jumlah yang mendaftar cukup banyak, hingga mencapai ratusan. Hanya saja, karena keterbatasan kapasitas yang diterima hanya 30 orang mahasiswa."Pertemuan (tatap muka) secara fisik cukup satu kali saja dalam satu semester," ujarnya.

Menyinggung pengembangan kampus di daerah lain, Yogi mengatakan, sedang dalam proses, yakni di Kediri. Namun, proses untuk menyamakan pendapat terkait Permendiknas dan Permendagri juga membutuhkan waktu cukup lama.

Mantan Dekan Fakultas Pertanian itu mengaku, pihaknya siap membeli lahan sesuai kebutuhan seluas 7 hektare yang nantinya dijadikan lahan penelitian bagi mahasiswa, khususnya pertanian.

"Lahan yang akan kita beli itu sudah ada dan kita juga sudah siapkan dana, namun antara DPRD dan Pemkab Kediri kelihatannya belum sinkron, sehingga masih membutuhkan waktu. Mudah-mudahan masalah lahan sudah tuntas tahun ini juga," katanya.

Universitas Brawijaya berencana membuka cabang di Kediri untuk beberapa program studi (prodi), terutama prodi yang berkaitan dengan pertanian. Namun, DPRD daerah itu masih tarik ulur terkait lahan yang bakal dibeli oleh pihak UB. 

Wahai para pedagang, sesungguhnya setan dan dosa keduanya hadir dalam jual-beli. Maka hiasilah jual-beli kalian dengan sedekah(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  deny andriana Senin, 19 November 2012, 20:42
Yth bapak/ibu..
mohon informasi detil cara pendaftaran dan program studi apa saja yang ada??
Terimakasih
  Akhmad Arbani Sabtu, 17 November 2012, 09:17
Dengn kondisi saya sebagai karyawan yang bekerja berpindah-pindah daerah, saya sangat tertarik dengan program ini. saya mohon info selanjutnya terkait mata kuliah, biaya, ujian dan wisudanya.
  Justino Vilanova Selasa, 18 September 2012, 06:01
saya tertarik sekali untuk mengikuti kuliah jarak jauh tetapi bagaimana biaya, ujian dan wisudanya?
  Maman Senin, 3 September 2012, 23:21
kalo jd' saya daftar satu

thanks
  frans Rabu, 15 Agustus 2012, 21:28
info cara pendaftaran dan mata kuliahnya

  VIDEO TERBARU
Mahathir Kunjungi Mega, Mahathir: Mega Sahabat Lama Saya
JAKARTA -- Mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohamad mengunjungi kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar Nomor 27A, Menteng, Jakarta Pusat (14/4). Berikut video...