Jumat 07 Oct 2011 15:48 WIB

Mahasiswa Unsrat Dapat Beasiswa Rp 960 Juta dari Bank Mandiri

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO - Bank Mandiri menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado sebesar Rp 960 juta dengan target mencetak 20 sarjana hingga kurun waktu empat tahun ke depan sebagai bagian program Mandiri Edukasi yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

Direktur Treasury, Financial Institution and Special Asset Management PT Bank Mandiri Persero Tbk, Royke Tumilaar seusai penyerahan beasiswa yang diterima Rektor Unsrat Prof Dr Donald Rumokoy SH MH, di Manado, Jumat (7/10) mengatakan, beasiswa ini diberikan kepada setiap mahasiswa sebesar Rp 48 juta, yang disalurkan setiap bulan Rp 1 juta, dan akan diterimakan selama empat tahun atau selama kuliah di universitas ini.

"Mandiri menyalurkan beasiswa Mandiri Prestasi serupa kepada 320 mahasiswa di 18 perguruan tinggi di Indonesia dan untuk Sulut dapat alokasi 20 mahasiswa, tujuannya agar mereka mampu menyelesaikan pendidikan dalam empat tahun," kata Royke.

Penentuan siapa saja mahasiswa yang menerima beasiswa ini, kata Royke diserahkan sepenuhnya kepada pihak rektorat sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Kegiatan Mandiri edukasi bertema 'Kesungguhan Mandiri Mencerdaskan Anak Negeri', merupakan salah satu grand strategy program bina lingkungan di bidang pendidikan Bank Mandiri.

Rektor Unsrat Prof Dr Donald Rumokoy, SH MH mengatakan, penyerahan beasiswa ini akan sangat membantu mahasiswa terutama mereka yang berprestasi sehingga mampu menyelesaikan studi mereka tepat waktu, tanpa khawatir masalah biaya.

"Beasiswa Mandiri sangat membantu perguruan tinggi sehingga mampu menghasilkan sarjana berkualitas yang pada akhirnya mampu menjadi pemimpin dan pebisnis tangguh di masa mendatang," kata Donald.

Donald mengakui, baru kali ini ada pihak di luar pemerintah yang menyerahkan dana beasiswa yang cukup besar. "Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional pernah menyerahkan bantuan beasiswa nilai sama Rp 1 juta per bulan, tetapi karena ada pembebanan lainnya, sehingga yang diterima mahasiswa tersisa Rp 600 ribu, tetapi beasiswa Mandiri diterima penuh mahasiswa Rp 1 juta, tanpa potongan apapun," tutur Donald.

Untuk itu, Rektor Donald meminta mahasiswa penerima dana ini, menggunakan beasiswa sebaik-baiknya, belajar tekun, tingkatkan disiplin, selama dalam perkualihaan.

Acara penyerahan beasiswa ini dirangkaikan dengan kuliah umum tentang kepemimpinan (leadership) kepada mahasiswa Unsrat oleh direksi Bank Mandiri, serta pencerahan dan pengenalan perbankan kepada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Manado serta penyerahan bantuan pengadaan sarana dan prasarana Rp 20 juta.

Bank Mandiri mengalokasikan Rp 3,6 miliar untuk pendirian school banking di seluruh Indonesia, dana tersebut untuk kebutuhan membangun ruangan, penyediaan komputer dan buku-buku perbankan serta pelatihan siswa tentang mini banking.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement