Jumat 16 Sep 2011 08:27 WIB

Jateng Juara Umum OSN 2011

REPUBLIKA.CO.ID,MANADO--Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara disudahi peserta Provinsi Jawa Tengah dengan tampil sebagai juara umum meraih 21 emas.

Provinsi Jawa Tengah meraih empat emas dari cerdas cermat SD/SMPLB dan Olimpiade SD/SMPLB. Untuk olimpiade sains mata pelajaran Matematika dan IPA SD juga meraih empat emas dari 10 emas yang diperebutkan.

Begitupun dengan olimpiade sains SMA yang memerebutkan 40 medali emas, Jawa Tengah menyabet lima medali emas. Satu emas juga disumbangkan pada ajang olimpiade sains guru. Sedangkan tujuh emas lainnya disumbangkan saat OSN SMP. Total 21 medali emas.

Jumlah medali perak yang diraih sebanyak 29 keping dan medali perunggu sebanyak 24. Total yang diraih sebanyak 74 medali.

Provinsi Jawa Tengah mengalahkan saudaranya DKI Jakarta yang menyabet 20 medali emas. Keseluruhan medali emas yang diraih DKI Jakarta disumbangkan dari OSN SMA sebanyak 12 dan satu medali emas OSN SD bidang studi matematika. Untuk OSN tingkat SMP yang digelar Juli 2011, sebanyak lima medali yang disabet.

Untuk medali perak sebanyak 31 keping dan medali perunggu 34 keping. Total jumlah medali yang disabet sebanyak 85.

Sedangkan Provinsi Jatim yang menempati posisi ketiga meraih sebelas emas. Emas yang diraih berasal dari OSN SMA sebanyak delapan medali dan tiga medali saat OSN tingkat SMP.

Total medali perak yang diraih sebanyak 23 keping dan medali perunggu sebanyak 23 keping. Total medali yang diraih adalah 57.

Di sisi lain, khusus Olimpiade Sains Guru (OSG) yang baru pertama kali dilombakan menjadi milik guru matematika dari Jawa Barat dan guru fisika dari Jawa Tengah.

"Keberhasilan adalah langkah awal hari depan yangbaik, gemilang dan sarat keberhasilan. Bagi yang belum berhasil, jangan berkecil hati atau kecewa. Pacu kemampuan sehingga menjadi yang terbaik di waktu yang akan datang," harap Wakil Gubernur Sulawesi Utara saat memberikan sambutan acara penutupan OSN ke 10, di Manado, Kamis.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement