Rabu 24 Aug 2011 14:29 WIB

UI Raih Prestasi Kompetisi Riset Kedokteran Gigi se-Asia Pasifik

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Djibril Muhammad
Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) meraih juara dua dan ketiga dalam ajang 'Student Research Competition' pada 'The 38th Asia Pacific Dental Students Association (APDSA)' yang diadakan pada15-19 Agustus 2011 di Bangkok, Thailand.

Juara kedua diraih Arya Sulaeman, Debby Sarita, Patricia RS dan Emerita Dian H, yang mempresentasikan riset 'White tea extract decreases tumor cell viability by inducing apoptosis oral squamous cell carcinoma in vitro'. Sedangkan Diananda, Stephanie Zabrina, Jessica Anggono dan Purwita Nurwidyastuti dengan riset 'The effect of mouthwash containing Curcuma xanthorrhiza on caries risk factors (plaque pH, saliva pH, and the amount of Streptococcus mutans)' menjadi juara ketiga.

Kompetisi bergensi ini diikuti beberapa Fakultas Kedokteran Gigi dari berbagai Universitas di kawasan Asia Pasifik, di antaranya National Yang-Ming University (Taiwan), Seoul National University (Korea),

 University of Hong Kong, University of Western Australia, Chulalongkorn University dan Mahidol University (Thailand). Dalam Student Research Competition (SRC) kali ini, National University of Singapore berhasil meraih peringkat pertama.

SRC adalah kompetisi riset yang khusus ditujukan untuk pengembangan ilmu pengetahuan kedokteran gigi yang diprakarsai oleh APDSA yang memiliki 13

negara anggota dan terdiri dari 47 universitas. APDSA merupakan sebuah Asosiasi Mahasiswa Kedokteran Gigi se-Asia Pasifik, didirikan pada tahun 1968 yang berafiliasi dengan Asia Pacific Dental Federation (APDF).

APDSA dijalankan oleh para mahasiswa kedokteran gigi dan alumni di kawasan Asia Pasifik. Saat ini, APDSA telah beranggotakan lebih dari 400 profesor,

alumni dan mahasiswa ilmu kedokteran gigi berbagai universitas di wilayah Asia Pasifik.

Kompetisi Student Research 'The 38th Asia Pacific Dental Students Association (APDSA)' tahun ini diikuti beberapa perguruan tinggi dari Indonesia, yaitu Universitas Airlangga (Unair), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Hang Tuah, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Moestopo, dan Universitas Trisakti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement