Kamis 28 Jul 2011 17:20 WIB

Dirikan SMAN Internasional, Sampoerna Foundation 'Bersekutu' dengan Bali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Putera Sampoerna Foundation bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Bali membangun Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Bali Mandara atau Sampoerna Academy yang bertaraf internasional untuk memajukan pendidikan di Indonesia. SMAN Bali Mandara merupakan sekolah pertama di Bali yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi dari keluarga prasejahtera dan disaring dari seluruh Bali, kata Direktur Pelaksana Putera Sampoerna Foundation Nenny Soemawinata dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (28/7).

Ia mengatakan, masyarakat membutuhkan pengembangan kualitas dan kesempatan memperoleh pendidikan untuk melahirkan pemimpin masa depan yang terbaik di Indonesia. Putera Sampoerna Foundation melihat bahwa pengembangan pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun swasta.

Karena itu, lanjut Nenny, Putera Sampoerna Foundation memberikan kesempatan bagi para siswa berprestasi dari keluarga prasejahtera untuk melanjutkan pendidikan sehingga pada akhirnya mereka dapat membawa perubahan positif bagi keluarga, komunitas, masyarakat dan Bali maupun Bangsa Indonesia.

Sementara itu, Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali I Ketut Teneng mengatakan, sekolah bertaraf internasional merupakan kontribusi besar bagi masyarakat Bali. "Kami harapkan SMAN Bali Mandara akan mampu mencetak calon pemimpin masa depan yang akan memajukan Bali dan mengharumkan nama Indonesia di mancanegara," katanya.

SMAN Bali Mandara, lanjut dia, mengadaptasi kurikulum pendidikan berskala internasional dari Cambridge University (IGCSE) serta dipadukan dengan standar nasional pendidikan dan didukung oleh sistem pendidikan asrama (boarding education).

Konsep ini menjadikan Sampoerna Academy sebagai sarana pendidikan holistik sekaligus mengedepankan nilai budaya nasional. "Semoga SMAN itu dapat menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain sehingga kualitas pendidikan di Indonesia terus meningkat," katanya.

Sesuai dengan motto 'learn today, lead tomorrow', Sampoerna Academy tidak hanya mengedepankan pendidikan akademis, namun juga menanamkan nilai-nilai kepemimpinan, toleransi, dan kesadaran sosial yang diperlukan untuk membentuk pemimpin masa depan Indonesia.

Pada 2009, Putera Sampoerna Foundation membuka Sampoerna Academy Malang dan Palembang di mana siswa-siswi di SMAN 10 Malang mayoritas berasal dari Jawa Timur, sedangkan SMAN Sumsel di Palembang berasal dari Pulau Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement