Kamis 14 Jul 2011 13:40 WIB

Hebat, Siswa SMK di Malang dan Klaten Bisa Produksi Mobil

Rep: C19/ Red: Johar Arif
Praktik di SMK
Praktik di SMK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Dunia Pendidikan nasional boleh berbangga. Siswa- siswa SMK di Kabupaten Klaten dan Malang mampu merancang bangun mobil. Rancang bangun karya siswa SMK ini tak sekedar dilakukan pada bodi mobil, namun juga pada mesin.

“Bahkan sejumlah komponen mesin juga dibuat sendiri. Seperti manipol, kepala silinder dan beberapa komponen lainnya," ungkap Kepala SMKN 1 Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (14/7).

Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) bermerek 'Kiat Esemka' karya siswa SMKN 1 Trucuk dan pick up (double cabin) ‘Digdaya’ karya siswa SMKN 1 Singosari, Kabupaten Malang, ini dipamerkan pada ajang Expo Produk Unggulan NU, di JCC.

Baik Kiat Esemka maupun Digdaya berkapasitas mesin 1.500 cc yang telah berteknologi injeksi ini hampir 100 persen merupakan hasil kreatifitas para siswa kedua SMK ini.

Menurut Guru pembimbing tim perakit mobil Digdaya, Sujianto mengungkapkan bahwa ide pertama pembuatan mobil Digdaya ini berawal dari tantangan oleh Dirjen Dikti bidang Kejuruan Joko Sutrisno.

Hingga saat ini Digdaya 1,5 I telah di buat tiga unit prototipenya. "Semuanya dikerjakan secara manual tanpa peralatan modern seperti yang dimiliki industri mobil," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement