Jumat 08 Jul 2011 14:43 WIB

Pertukaran Pelajar, 17 Siswa SMP/SMA Bandung Dikirim ke Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Wakil Wali kota Bandung Ayi Vivananda melepas 17 siswa-siswi SMP dan SMA asal Bandung ke Amerika guna menjalin kerja sama pertukaran pelajar di bidang pendidikan dan perkenalan budaya. Menurut Ayi, siswa-siswi terebut berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bandung. "Nanti mereka akan ditempatkan di Fort Worth-Texas, Amerika Serikat," katanya.

Menurutnya, tujuan dari kunjungan tersebut untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan menambah wawasan juga pengalaman bagi siswa-siswi tersebut. "Program ini sudah dilakukan dari tahun kemarin (2010), pada saat itu kami melepas 18 siswa-siswi," ungkapnya.

Ia mengatakan siswa-siswi akan berada di Forth Worth selama sekitar tiga minggu dari tanggal 12 Juli hingga 1 Agustus 2011. "Disana mereka akan mengenalkan budaya-budaya dan makanan khas dari Bandung, intinya untuk mengenalkan kota Bandung di Amerika," ujarnya.

Menurut Ayi, sesuai dengan visi kota Bandung yang memprioritaskan bidang pendidikan, mereka diharapkan bisa menjadi pemimpin bangsa yang cerdas dan kreatif. Sementara itu, menurut Kepala Bagian Pemerintahan Umum, Medi Mahendra mengatakan dalam pertukaran pelajar Indonesia selalu diundang, karena selain siswa-siswi yang dikirim bukan hanya pintar dalam bidang akademik tetapi pintar juga dalam bidang kesenian dan budayanya.

Menurutnya, seleksi pemilihan siswa-siswi diumumkan melalui sekolah-sekolah di Bandung, dan yang dipilih adalah siswa-siswi yang berprestasi di sekolahnya dan memiliki dana untuk pergi ke Amerika. "Sampai saat ini kami hanya bisa mendukung birokrasi kerja sama dengan pihak Texas, Amerika untuk dana kami tidak memberikannya," katanya.

Ia mengungkapkan meski mereka berangkat dengan biaya sendiri tidak membuat semangat mereka berkurang dan orang tuanyapun selalu mendukung. Regina salah seorang peserta siswi tersebut mengungkapkan dirinya bangga, senang, karena bisa menjadi perwakilan Indonesia yang berkesempatan memperkenalkan Indonesia termasuk Bandung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement