Kamis, 2 Zulqaidah 1435 / 28 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Peserta Ujian Mandiri Undip Mengalami Penurunan

Sabtu, 02 Juli 2011, 16:59 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Jumlah peserta yang terdaftar mengikuti ujian mandiri (UM) Universitas Diponegoro pada tahun ini yang dilaksanakan 2 Juli 2011, menurun dibandingkan pelaksanaan ujian serupa tahun lalu.

"Jumlah peserta UM Undip 2011 tercatat sekitar 16.500 orang, padahal tahun lalu mencapai 21.000 orang," kata Kepala Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Universitas Diponegoro (Undip), Prof M. Arifin, di Semarang, Sabtu.

Menurut dia, berkurangnya jumlah peserta UM Undip tahun ini disebabkan ujian mandiri itu baru digelar setelah pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), berbeda dengan tahun lalu.

Akhirnya, kata dia, banyak calon mahasiswa yang sudah diterima melalui SNMPTN sebelum mendaftar UM Undip, kalau tahun lalu perguruan tinggi negeri (PTN) masih boleh menggelar ujian mandiri sebelum SNMPTN.

"Itu belum termasuk peserta yang tidak hadir, kami belum selesai melakukan perekapan, mungkin nanti (2/7) sore baru bisa diketahui berapa peserta UM Undip yang tidak hadir atau mengundurkan diri," kata Arifin.

Terkait pelaksanaan UM Undip, ia mengaku pelaksanaannya berjalan cukup lancar, dibagi dalam tiga kelompok, yakni ilmu pengetahuan alam (IPA), ilmu pengetahuan sosial (IPS), dan ilmu pengetahuan campuran (IPC).

Untuk pelaksanaan tes tetap serentak hari ini (2/7), kata dia, namun untuk kelompok IPA berlangsung pada pukul 08.00-11.00 WIB, IPS pada pukul 11.00-14.00 WIB, dan kelompok IPC mengikuti kedua tes sekaligus.

"Pelaksanaan UM Undip juga digelar di sembilan kota, yakni Semarang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Lampung, Medan, Pekanbaru, Samarinda, dan Pangkalan Bun yang dilangsungkan serentak pada 2 Juli ini," katanya.

Jumlah peserta UM Undip yang mengikuti tes di Kota Semarang, kata dia, tercatat sekitar 9.000 orang, terbagi di dua lokasi, yakni kampus Undip Pleburan untuk IPS dan kampus Undip Tembalang untuk IPA dan IPC.

Ditanya kuota mahasiswa baru Undip dari jalur mandiri, Arifin menyebutkan tersedia sebanyak 2.578 mahasiswa, atau sebesar 30 persen dari total daya tampung Undip pada tahun ini yang mencapai 8.480 mahasiswa.

Rektor Undip, Prof. Sudharto P. Hadi mengakui penurunan jumlah peserta UM Undip tahun ini dibandingkan tahun lalu, disebabkan banyak calon mahasiswa yang sudah terserap melalui jalur SNMPTN yang digelar sebelum UM.

"Namun, ada juga pendaftar yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN tetap mencoba ikut UM Undip karena program studi yang dipilihnya di jalur mandiri lebih favorit. Ya silakan saja, itu hak mereka," katanya.

Redaktur : taufik rachman
Sumber : antara
Dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (QS Al-Baqarah [2]:82)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar