Jumat 01 Jul 2011 21:55 WIB

Enam Siswa Kalbar Bertarung di Olimpiade Sains Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak enam orang murid sekolah dasar mewakili Provinsi Kalimantan Barat pada ajang Olimpiade Sains Tingkat Nasional di Manado pada September 2011. Salah satu siswa yang berhasil Evander Marvel Kowira (10), Jumat mengaku seperti tidak percaya dapat menjadi salah satu wakil Kalbar untuk ikut olimpiade tersebut.

"Padahal soalnya susah. Tapi saya berusaha semua soal harus di jawab. Ternyata menang," ungkap Marvel di Pontianak, Jumat (1/7).

Marvel merupakan salah satu siswa yang berhak mewakili Kalbar dalam olimpiade matematika bersama Eduardo Iglesius dan Alvaro Manuelso. Keduanya dari SD Immanuel I Pontianak. Untuk olimpiade IPA ada Stela Clarisa dari SD Tunas Bangsa Kubu Raya, Jonathan TC SD Immanuel I Pontianak dan Nurul Islamiah W siswa SD 14 Sungai Raya Kubu Raya.

Marvel mengatakan, soal dalam olimpiade tingkat provinsi cukup sulit dan jumlahnya banyak. "Tidak ada persiapannya. Belajar seperti biasa saja, sambil main juga," kata Marvel yang duduk di bangku kelas VI SD Tunas Bangsa Kabupaten Kubu Raya.

Menghadapi olimpiade nasional nanti, ia mengaku belum memiliki target. Tetapi dengan nilai tertinggi pada tes uraian saat olimpiade tingkat provinsi itu membuatnya optimistis. "Harus bisa mengalahkan teman-teman lainnya di Indonesia," kata Marvel meyakinkan.

Sementara itu, Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar Aloysius Mering berharap siswa yang mewakili provinsi itu di tingkat nasional mendapat hasil maksimal. "Mudah-mudahan dapat mengharumkan nama Kalbar," katanya.

Dia berpesan kepada enam siswa itu untuk mempersiapkan diri dengan matang. Olimpiade tingkat nasional, kata dia, tentu lebih sulit karena pesaingnya lebih banyak. "Waktu masih panjang untuk mempersiapkan diri. Teruslah belajar," katanya mengingatkan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement