Thursday, 25 Syawwal 1435 / 21 August 2014
find us on : 
  Login |  Register

Undip Perpanjang Masa Pendaftaran Seleksi Mandiri

Tuesday, 28 June 2011, 17:14 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Batas waktu pendaftaran ujian mandiri Universitas Diponegoro Semarang yang semula ditutup 24 Juni, diperpanjang sampai 30 Juni 2011 untuk memberi kesempatan lebih besar bagi pendaftar.

Ketua Panitia ujian mandiri (UM) Undip, Prof M Arifin di Semarang, Selasa, mengatakan UM Undip akan menjaring sebanyak 2.578 mahasiswa, atau sekitar 30 persen dari total daya tampung tahun ini yang mencapai 8.480 mahasiswa.

"Kalau untuk tes tetap dilaksanakan pada 2 Juli 2011, tidak berubah. Tes juga tetap digelar di sembilan kota, yakni Semarang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Lampung, Medan, Pekanbaru, Samarinda, dan Pangkalan Bun," katanya.

Ditanya alasan perpanjangan waktu pendaftaran UM Undip, ia mengatakan ingin memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi pendaftar, terutama mereka yang belum diterima lewat jalur Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN).

Kalau untuk jumlah pendaftar, ia menyebutkan pendaftar UM Undip untuk tempat tes di Kota Semarang sudah mencapai 8.909 orang, Jakarta 3.933 orang, Surabaya, 671 orang, Lampung 253 orang, Medan 702 orang, dan Pekanbaru 194 orang.

"Di Samarinda sudah ada 93 pendaftar, Bandung 1.271 pendaftar, dan Pangkalan Bun tercatat sudah ada 44 pendaftar," kata Arifin yang juga Kepala Lembaga Pengembangan & Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Undip tersebut.

Ia menjelaskan lokasi tes akan disesuaikan dengan tempat pendaftaran peserta sehingga tidak perlu jauh-jauh datang ke Semarang untuk ikut tes, misalnya di Semarang yang digelar di kampus Undip Tembalang dan Pleburan.

Menurut dia, perbedaan UM tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya adalah mahasiswa yang diterima sama-sama ditempatkan dalam kelas reguler, sama dengan mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN.

"Kami menyarankan peserta datang satu hari sebelum hari H untuk memastikan lokasi ujian terlebih dulu, sebab jangan sampai peserta kebingungan mencari lokasi tes yang mengakibatkan keterlambatan," katanya.

Arifin juga mengimbau pendaftar untuk tidak mudah memercayai tawaran orang-orang yang tidak dikenal yang menjanjikan masuk Undip, sebab hal itu merupakan tindak penipuan yang dilakukan orang-orang tidak bertanggung jawab.

Selain Undip, Universitas Negeri Semarang (Unnes) juga memperpanjang batas pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU) yang semula ditutup 2 Juli 2011, diperpanjang sampai 5 Juli 2011.

"Kami ingin memberi kesempatan bagi mereka yang tidak lolos SNMPTN tulis, kan hasilnya (SNMPTN tulis, red.) baru diumumkan pada 30 Juni 2011," kata Pembantu Rektor I Unnes, Agus Wahyudin.

Perpanjangan waktu pendaftaran SPMU itu, kata Agus, juga dilakukan untuk mengisi program-program studi yang sepi pendaftar dan SPMU tahun ini menyediakan kuota mahasiswa sebanyak 1.160 orang.

Redaktur : taufik rachman
Sumber : antara
Sesungguhnya Kami telah mengutus (Muhammad) dengan kebenaran; sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, dan kamu tidak akan diminta (pertanggungjawaban) tentang penghuni-penghuni neraka. ((QS.Al-Baqarah [2]:119))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Simpatisan Prabowo-Hatta: Hasil MK Tak Sesuai Harapan, Kita Terus Berjuang
JAKARTA -- Massa pendukung Prabowo-Hatta berdatangan menuju Mahkamah Konstitusi (MK). Irfan Sanusi selaku koordinator massa mengaku tujuan mereka datang adalah untuk mengawal keputusan...