Senin, 1 Syawwal 1435 / 28 Juli 2014
find us on : 
  Login |  Register

Biaya Kuliah Kedokteran di Untad Palu Naik 200 %

Minggu, 05 Juni 2011, 12:37 WIB
Komentar : 0

REPUBLIKA.CO.ID, PALU - Biaya kuliah kedokteran di Universitas Tadulako (Untad) Palu, Sulawesi Tengah, pada 2011 ini naik lebih 200 persen dari tahun sebelumnya, dari Rp 50 juta menjadi Rp 155 juta. Rektor Universitas Tadulako Palu Muhammad Basir di Palu, Ahad (5/6), menjelaskan kenaikan biaya itu karena minimnya subsidi pemerintah, apalagi Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Nomor 24 Tahun 2010 menyebutkan setiap perguruan tinggi negeri harus merekrut 60 persen calon mahasiswa dari seleksi nasional, dan 40 persen dari seleksi mandiri. Untuk tahun ajaran 2011/2012, program studi kedokteran di Universitas Tadulako menyediakan 60 bangku mahasiswa baru, dengan rincian 34 orang dari seleksi nasional, dan 24 berasal dari hasil seleksi mandiri yang dilakukan melalui sistem undangan serta seleksi lokal.

Program studi pendidikan kedokteran Universitas Tadulako Palu dibuka sejak 2008. Selama tiga tahun hingga 2010, program studi ini setiap tahunnya merekrut 72 mahasiswa baru, namun masih menggunakan sistem lama, yakni 12 orang dari seleksi nasional dan 60 orang melalui seleksi mandiri.

Basir menuturkan, biaya perkuliahan pendidikan kedokteran saat itu yang hanya Rp 50 juta per orang bisa ditutupi oleh subsidi pemerintah mengingat kuota untuk mahasiswa lokal masih banyak. Saat ini tenaga pengajar di pendidikan kedokteran Universitas Tadulako Palu masih didatangkan dari Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Setiap pekan menimal terdapat lima dosen tamu yang mengajar. Setiap pengajar mendapatkan biaya transportasi sebesar Rp 5 juta dan honor mengajar senilai Rp 10 juta. Dosen tamu itu berjumlah 15 orang. "Itulah penjelasannya kenapa biaya pendidikan kedokteran mahal," katanya.

Secara keseluruhan, pada tahun ini Universitas Tadulako Palu memiliki jatah penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebanyak 2.106 orang, sedangkan kuota mahasiswa baru melalui seleksi jalur undangan mencapai 524 orang.

Sementara itu, peserta SNMPTN di Universitas Tadulako Palu pada tahun ini mencapai 5.456 orang. Hasil SNMPTN itu akan diumumkan pada 30 Juni 2011.


Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Antara
Barangsiapa ingin disenangi Allah dan rasulNya hendaklah berbicara jujur, menunaikan amanah dan tidak mengganggu tetangganya( (HR. Al-Baihaqi) )
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Jadi Khatib Shalat Ied, Teuku Wisnu: Awalnya Saya Mau Mundur
 JAKARTA -- Teuku Wisnu bertindak menjadi Khatib pada Salat Ied di Masjid Lautze, Senin (28/7). Ini merupakan kali pertama Ia melakukannya. Wisnu sendiri sempat...