Senin 23 May 2011 00:30 WIB

Universitas Indonesia Jaring Mahasiswa Malaysia, Pameran di Kuala Lumpur

Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR--"Mahasiswa dari Malaysia tetap jadi pasar potensial untuk perguruan tinggi di Indonesia," kata Kepala Sub-Direktorat Kerja Sama Antar-Lembaga Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional Purwanto Subroto saat dijumpai di Indonesia Education Expo 2011 di Putra World Trade Centre (PWTC) Kuala Lumpur, Ahad.

Ia mengatakan, melalui kegiatan pameran ini diharapkan semakin besar minat para pelajar Malaysia yang ingin meneruskan jenjang pendidikan perguruan tingginya di Indonesia. "Tahun ini, kami targetkan jumlahnya naik sekitar 10 hingga 20 persen dibanding tahun lalu menjadi sekitar 7.200 mahasiswa," ungkapnya.

Dari sejumlah peserta pameran, beberapa di antaranya telah mendapatkan aplikasi dari pelajar Malaysia yang ingin berkuliah di Indonesia terutama untuk bidang studi kedokteran, farmasi, ilmu agama Islam termasuk untuk fakultas tehnik.

"Selama tiga hari pameran, sejumlah pelajar yang ditemani oleh orang tuanya berminat untuk kuliah di Indonesia," ungkapnya. Diakuinya, pameran di Kuala Lumpur ini memang tidak terlalu ramai jika dibandingkan di dalam negeri tapi sebagai langkah awal terbilang cukup memadai karena sejumlah pelajar dan orang tua berkunjung ke sejumlah stand peserta pameran.

Namun demikian, lanjut dia, Kementerian Pendidikan Nasional akan terus memperkuat publikasi di negeri ini terutama melalui bantuan penuh dari KBRI Kuala Lumpur. "Pameran ini baru yang pertama kali sehingga ke depan harus lebih baik dari sekarang," ungkapnya.

Senada disampaikan Sub-Direktorat Program Internasional Institut Pertanian Bogor (IPB) Muhammad Agil bahwa jumlah mahasiswa Malaysia yang kuliah di IPB merupakan yang terbanyak dibanding mahasiswa asing lainnya.

"Jumlah Mahasiswa Malaysia di IPB 100 orang," kata Agil dengan menambahkan bahwa pihaknya juga melakukan kerja sama dengan Universitas Pertanian Malaysia (UPM) melalui program magang sekitar 5-6 mahasiswa.

Sementara itu, para mahasiswa Malaysia yang kuliah di perguruan tinggi di Indonesia tersebar dibeberapa universitas seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, Unibversitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Surakta arta serta beberapa tempat lainnya. "Kalau di ITB jumlahnya mencapai 150 mahasiswa," kata asisten Direktur Hubungan Internasional ITB, Tatacipta Dirgantara.

Perguruan tinggi yang berpameran tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Sebelas Maret, Universitas Andalas (Unand), Institut Manajemen Telkom Bandung.

Lalu, Universitas Mulawarman, Universitas Parahyangan, Universias Riau, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Mustopo Beragama, Universitas Negeri Yogyakarta dan Politeknik Manufaktur Bandung serta Universitas Pasundan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement