Rabu 11 Oct 2017 19:34 WIB

ITS Berencana Berikan Honoris Causa untuk Menteri Susi

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti
Foto: Republika/Debbie Sutrisno
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berencana menganugerahi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dengan gelar Doktor Honoris Causa (HC) pada puncak peringatan Dies Natalis ke-57 ITS, 10 November mendatang. Sekretaris ITS Agnes Tuti Rumiati mengatakan Menteri Susi terpilih mendapat gelar Dr HC dalam bidang pembangunan kelautan serta perikanan Indonesia karena kontribusi serta kiprahnya dalam dunia kemaritiman Indonesia.

Dia menjelaskan penganugerahan gelar kehormatan ini merupakan usulan dari Departemen Teknik Sistem Perkapalan (Siskal) yang diajukan ke Senat Akademik ITS, pada tahun lalu. Rencana pemberian gelar ini merupakan bentuk apresiasi ITS kepada Susi karena jasanya dalam membuka perspektif ITS terkait urgensi dunia kemaritiman.

"Sebenarnya penelaan penganugerahan ini sudah selesai dilakukan pada bulan April 2017 lalu, sedang seremonial penganugerahannya dilakukan bersamaan dengan peringatan Dies Natalis ITS nanti," ujar Agnes, didampingi Dekan Fakultas Teknologi Industri yang juga ketua panitia Dies Natalis ITS Bambang Lelono Widjiantoro.

Menurut dosen Statistika ini, pengkajian pemberian gelar Dr HC ini memakan waktu yang cukup lama serta melalui prosedur yang ketat. ITS merasa gelar ini pantas disandingkan dengan nama Susi yang telah berhasil memperoleh sertifikasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 9. Pun standar KKNI Level 9 ini setara dengan Doktor atau S3.

"Apalagi Bu Susi juga merupakan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) ITS," kata Agnes.

Pada sidang promosinya nanti, kata Agnes, Susi akan dipromotori oleh Prof Semin, Prof Dr Ketut Buda Artana serta Raja Oloan Saut Gurning ST MSc PhD sebagai co-promotor.

Sementara itu, Kepala Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS M Badrus Zaman mengemukakan, diusulkannya pemberian gelar ini karena kiprah Susi di sektor maritim dan komitmennya untuk terus konsisten dalam membangun budaya maritim.

"Hal ini berpengaruh pada tertatanya sektor ekonomi, sektor teknologi kelautan dan peningkatan pengelolaan sumberdaya kelautan. Kontribusi Bu Susi untuk bangsa ini juga sangat jelas," kata Badrus.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement