Ahad , 01 Agustus 2010, 23:59 WIB

Beasiswa SD dan SMP akan Ditambah

Rep: c06/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) akan menambah beasiswa bagi siswa SD dan SMP pada 2011. Penambahan beasiswa itu diperuntukkan untuk percepatan menuntasan program Wajib Belajar (Wajar) 9 Tahun.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas), Fasli Jalal, mengatakan meski ditingkat SD dan SMP sudah ada Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pemerintah tetap akan memberikan beasiswa tersebut sebagai tambahan biaya sekolah atau pengganti uang jajan bagi masyarakat yang tidak mampu memberikan uang jajan sekolah bagi anaknya.

“Dengan adanya beasiswa dan dana BOS, maka program Wajar diharapkan berhasil dalam waktu dekat,” ujar FAsli.

FAsli menjelaskan beasiswa bagi siswa SD tahun depan naik mencapai 2,7 juta orang dari 2,1 juta siswa tahun lalu. Nilai beasiswa yang diberikan sebesar Rp 380 per anak per tahun. Sementara tahun lalu beasiswa hanya sebesar Rp 360 per anak per tahun.

Besar penerima beasiswa pada jenjang SMP lebih sedikit dibandingkan dengan penerima beasiswa SD, yaitu akan diberikan kepada 1,4 juta siswa. Namun demikian, jumlah tersebut juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, sebanyak 950 ribu siswa penerima beasiswa dengan nilai beasiswa Rp 550 ribu per anak per tahun.

Berita Terkait