Rabu 23 Jul 2014 20:12 WIB

Hasyim Muzadi: Kemenangan Jokowi-JK Spektakuler

Rep: Indah Wulandari/ Red: Fernan Rahadi
Para relawan pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla bersorak saat menyaksikan siaran langsung televisi pengumuman hasil rekapitulasi Pilpres 2014-2019 di Pondok Komunikasi Rakyat Kebangkitan Indonesia Baru (Pokra KIB), Setiabudi, Jakarta, Selasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi menilai kemenangan pasangan Jokowi Widodo-Jusuf Kalla sebagi anugerah luar biasa. Pasalnya, kemenangan itu didapat dari hasil kerja keras banyak elemen masyarakat.

"Jokowi-JK benar-benar terpilih sebagai presiden dan wakil presiden. Andaikan ada gugatan di MK pun tidak akan banyak berarti. Ini adalah anugerah Allah yang spektakuler, tidak cukup didekati hanya dengan kemampuan rasio kita," kata Kiai Hasyim Muzadi, Rabu (23/7).

Hasyim melihat kemenangan Jokowi adalah kemenangan tokoh yang sederhana. "Gelagatnya, Allah memberikan kesempatan "kejujuran dan kesederhanaan hidup" untuk berkembang di Indonesia sebagai ganti kepalsuan dan keserakahan," jelasnya.

Separuh masalah Indonesia, katanya, sebenarnya tergantung faktor kejujuran pemimpin, serta ditinggalkannya keserakahan hedonis. "Baru yang separuh lagi menyangkut berbagai aturan yang tidak aturan dan menyeleweng dari kompas Pancasila," paparnya.

Masalahnya, tambah Hasyim, mampukah Jokowi-JK mengembangkan kejujuran dan kesederhanaan hidup dalam alur regulasi birokrasi, ataukan malah tergusur oleh ketatnya " kelompok kepentingan yang mulai hari ini pasti mengerubuti Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement