Sabtu 28 Jun 2014 07:06 WIB

Ziarah Tengah Malam, Jokowi Cuma Ingin Doakan Bung Karno

Makam Presiden RI Pertama Sukarno di Blitar, Jawa Timur

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- Calon presiden nomor urut 2 Joko Widodo (Jokowi) melakukan ziarah ke makam Presiden RI Soekarno di Blitar, Jawa Timur, pada tengah malam.

Dia mengatakan kunjungan tersebut dilakukan untuk mendoakan almarhum Presiden Soekarno karena merupakan pahlawan sekaligus proklamator kemerdekaan RI.

"Ziarah ini bukan dalam rangka apa-apa, ya untuk mendoakan saja. Ingat ya, Bung Karno itu proklamator RI, pahlawan kita," kata Jokowi di lokasi pemakaman Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Sabtu dini hari (28/6).

Meskipun demikian, dia tidak menjelaskan lebih jauh alasan yang membuatnya mendatangi makam Bung Karno tepat pada tengah malam.

"Ingin mendoakan. Kalau kita berziarah, ya artinya mendoakan. Makanya, kalau saya datang ke makam Bung Karno, itu bukan berarti apa-apa. Itu semata-mata ziarah, dan saya ingin berdoa untuk beliau," kata Jokowi.

Jokowi dengan mengenakan kemeja motif kotak-kotak dan didampingi oleh ajudannya, tiba di lokasi itu, tepat saat pergantian Jumat (27/6) ke Sabtu, pukul 00.00 WIB.

Di lokasi pemakaman Bung Karno, ratusan orang yang terdiri atas warga dan simpatisan terlihat sudah ramai berkumpul menunggu kedatangan capres tersebut.

Jokowi pun bergegas berjalan menuju makam Bung Karno. Hanya segelintir orang yang mendampinginya masuk ke area makam, sedangkan warga, termasuk pewarta yang ingin meliput tidak diizinkan untuk masuk oleh petugas.

Sekitar 15 menit kemudian, tampak Jokowi melangkah keluar dari area makam. Di gerbang makam, dia sempat berhenti untuk berfoto sekaligus bersalaman dengan warga dan simpatisan, lalu melanjutkan perjalan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement