Kamis 12 Jun 2014 12:02 WIB

JK Janji Tingkatkan Produksi Warga Mamuju

Rep: Andi Mohammad Ikhbal/ Red: A.Syalaby Ichsan
Jusuf Kalla (JK)

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Cawapres Jusuf Kalla (JK) mendapat dukungan dari masyarakat tani Mamuju, Sulawesi Barat dalam kampanyenya di kawasan perkebunan kakao, Kamis (12/6). Jika terpilih, dia berjanji akan membantu meningkatkan hasil produksi mereka.

JK mengatakan, pembangunan seharusnya bisa langsung dinikmati masyarakat. Itulah alasan pemerintah harus cermat dalam melihat potensi daerah yang dapat menjadi sumber pendapat warga secara langsung.

"Pemerintah bertanggung jawab terhadap rakyat. Kalau memang di sini, perkebunan kakau dan kopi menjadi kekayaan alamannya, maka berdayakan di bidang tersebut," kata JK dalam orasi politiknya di Kalungku, Mamuju.

Ia juga akan berkordinasi dengan Gubernur agar pemerintah daerah (Pemda) setempat menjamin keberlangsungan perkebunan di sana. Jangan sampai persoalan hama dan bibit menjadi kendala masyarakat dalam meningkatkan hasil produksi mereka.

JK mengungkapkan, kalau hasil produski kakau sekarang ini mencapai 2,5 - 3 ton per hektare per tahun, maka ke depan ia menargetkan lebih besar. Menurut dia, kalau perlu kakao Mamuju lebih besar dari produksi di Afrika yakni 4 ton per hektare per tahun.

"Nanti setelah saya terpilih, saya akan langsung gencarkan kembali gerakan nasional ini. Tolong terus ingatkan saya, sebab pemerintah bertanggung jawab terhadap usaha rakyat," ujar dia.

Ia juga menjelaskan, alasan kenapa nama pengembangan produksi kakao ini disebut gerakan nasional. Sebab, kalau dalam bentuk proyek, sama saja memberi lahan bagi pemerintah untuk bermain di dalamnya, padahal ini bertujuan untuk rakyat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement