Rabu 23 Apr 2014 23:59 WIB

Demokrat Siap Bangun Poros Koalisi Baru

Andi Nurpati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrat akan melakukan opsi alternatif dalam menghadapi pemilu presiden 2014 yakni membangun poros koalisi baru dengan mencari mitra koalisi pada partai menengah.

"Dari hasil komunikasi politik dengan semua potensi kekuatan politik yang ada, Partai Demokrat akan melakukan dua opsi strategis," kata Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat, Andi Nurpati, pada diskusi "Dialog Kenegaraan: Posisi Konvensi Partai Demokrat di Tengah Dinamika Koalisi" di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Menurut Andi Nurpati, wacana yang berkembang sebelumnya Partai Demokrat akan bergabung dengan salah satu poros koalisi dari tiga partai politik pengusung calon presiden yang meraih suara di atas 10 persen.

Ketiga partai politik tersebut adalah PDI Perjuangan yang mengusung calon presiden Joko Widodo, Partai Golkar yang mengusung calon presiden Aburizal Bakrie, dan Partai Gerindra yang mengusung calon presiden Prabowo Subianto.

Namun, kata dia, Partai Demokrat yang menyelenggarakan konvensi calon presiden secara terbuka sejak September 2013, perlu mengupayakan secara optimal calon presiden peserta konvensi.

Karena itu, kata dia, dari hasil komunikasi politik dengan semua potensi kekuatan politik yang ada, Partai Demokrat kemungkinan akan membangun poros koalisi alrternatif dengan mengajak bergabung tiga atau dua partai menengah sehingga bisa mengusung calon presiden sendiri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement