Rabu 23 Apr 2014 20:30 WIB

Demokrat Siapkan Dua Skenario Hadapi Pilpres

Andi Nurpati

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Nurpati mengatakan partainya menyiapkan dua opsi menghadapi Pemilu Presiden 9 Juli 2014. Salah satunya adalah menjajaki kemungkinan bergabung dengan tiga parpol papan atas atau justru membangun koalisi baru dengan parpol selain ketiganya.

Ia mengatakan Demokrat sedang melakukan komunikasi politik dengan tiga capres itu, yaitu Jokowi, Prabowo, dan Aburizal Bakrie. "Jika koalisi berhasil dengan salah satu kandidat tadi, tinggal memilih siapa yang akan mendampingi sebagai cawapres," kata Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Nurpati dalam Dialog Kenegaraan bertema Konvensi Partai Demokrat di Tengah Dinamika Koalisi di gedung DPD RI, Senayan, Jakarta.

Pembicara lain dalam diskusi tersebut adalah Ketua DPD RI Irman Gusman yang juga merupakan salah seorang peserta konvensi capres Partai Demokrat, pengamat politik UI Effendi Gazali dan Direktur Eksekutif Indobarometer Muhammad Qodari.

Lebih lanjut Andi menjelaskan opsi pertama adalah mengusung calon wakil presiden (cawapres) dengan menjalin koalisi dengan tiga calon presiden yang mengemuka saat ini, yaitu calon presiden (capres) dari PDIP Joko Widodo (Jokowi), capres Gerindra Prabowo dan capres Partai Golkar Aburial Bakrie (ARB).

Jika opsi pertama tidak bisa tercapai, lanjut Andi Nurpati, maka Demokrat menyiapkan opsi kedua, yaitu berkoalisi dengan partai selain tiga parpol yang sudah mempunyai capres tersebut.

Pada opsi ini Demokrat menyiapkan calon presiden sendiri yang siap dipasangankan dengan calon wapres dari parpol koalisi, kata Andi Nurpati. Terkait nasib 11 capres peserta konvensi Demokrat, Andi mengatakan koalisi dibangun justru dengan melibatkan para 11 capres konvensi, baik untuk opsi pertama maupun opsi kedua.

Calon presiden maupun wapres adalah dari 11 kandidat tersebut. Kalau opsi pertama, hasil konvensi akan dikomunikasikan dengan para calon presiden untuk memilih siapa yang lebih cocok. "Kalau opsi kedua maka Demokrat akan mengusung capres dari hasil konvensi tersebut dengan cara koalisi dengan parpol lainnya," katanya.

Terkait proses konvensi capres Partai Demokrat, Andi Nurpati menyebutkan akan tetap dilanjutkana dengan debat konvensi Capres sampai 27 April 2014 sekaligus sebagai penutupan perjalanan konvensi capres. "Hasil konvensi capres akan ditentukan setelah 27 April mendatang," kata Andi Nurpati.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement