Kamis 17 Apr 2014 18:46 WIB

Duet Prabowo-Hatta Berpeluang Memenangi Pilpres

Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Calon presiden dari Partai Gerindra Prabowo Subianto jika memilih Ketua Umum Partai Amanat Nasional Hatta Rajasa sebagai calon wakil presiden diprediksi berpeluang memenangi Pemilu Presiden 2014.

Prediksi tersebut disampaikan pengamat politik dari The Habibie Center Bawono Kumoro di Jakarta, Kamis. Menurut Bawono, hasil survei dari lembaga-lembaga survei calon presiden yang memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi adalah Joko Widodo atau Jokowi dari PDI Perjuangan dan Prabowo Subianto dari Partai Gerindra.

"Diperkirakan Prabowo akan menjadi pesaing utama Jokowi pada pemilu presiden mendatang," katanya.

Bawono juga memperkirakan kompetisi pemilu presiden mendatang akan berlangsung sangat ketat karena pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang tampil semuanya diusung oleh koalisi partai politik.

Prabowo Subianto, kata dia, perlu mencari pasangannya figur yang kompeten, populer, dan dapat saling melengkapi untuk menambah perolehan suaranya pada pemilu presiden.

"Dari beberapa nama figur yang disebut-sebut akan mendampingi Pak Prabowo, saya melihat Pak Hatta Rajasa lebih potensial mendampinginya," katanya.

Dia menjelaskan, Prabowo memiliki pengalaman panjang di militer dan pernah menjadi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) tapi masih minim pengalaman di birokrasi pemerintahan.

Sebaliknya, kata dia, Hatta Rajasa memiliki pengalaman di pemerintahan dan pernah menduduki beberapa jabatan menteri kabinet, serta memiliki rekam jejak baik.

Ia menambahkan, Hatta Rajasa juga adalah ketua umum partai politik yang memiliki  basis massa dan politik yang kuat. "Dari beberapa nama yang disebut sebagai bakal cawapres, saya kira nama Hatta Rajasa yang lebih unggul sehingga tepat untuk berpasangan dengan Pak Prabowo," katannya.

Pekerjaan rumah Partai Gerindra sebagai pengusung Prabowo, menurut dia, mencari satu atau atau partai politik lainnya sebagai mitra koalisi untuk memenuhi persyaratan mengusung pasangan capres dan cawapres.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement