Kamis 17 Apr 2014 07:17 WIB

Pengamat: Prabowo-Jokowi Berpeluang Maju Pilpres

Ketua Dewan Pembina sekaligus Capres Partai Gerindra Prabowo Subianto menjawab pertanyaan pers di kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta Selatan, Rabu (9/4). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra berpeluang besar untuk mengajukan calon dalam Pemilihan presiden (Pilpres) 2014.

"Kalau dilihat dari 'personal power' baik dari 'image building' dan kekuatan di basis akar rumput, saya kira calon presiden (capres) dari PDIP dan Gerindra yang lebih memungkinkan untuk maju ke Pilpres nanti," kata Amir Kotarumalos, pengamat politik Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, di Ambon, Kamis.

Amir yang juga Dosen Ilmu Pemerintahan pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Unpatti mengatakan, saat ini ada tiga partai yang berpeluang besar untuk maju ke Pilpres 2014, yakni PDIP, Gerinda dan Golongan Karya (Golkar).

Namun terkait dengan kiprah, 'track record' dan pencitraan capres yang diusung oleh ketiga partai tersebut, menurut Amir, Joko Widodo dari PDIP dan Prabowo Subianto dari Gerindra lebih berpeluang untuk nantinya bersaing ketat meraih massa pragmatis dari partai yang lainnya.

"Dari sisi elektabiliti capres, dibandingkan dengan Aburizal Bakrie dari Golkar, Joko Widodo dan Prabowo Subianto lebih memiliki peluang untuk bisa bersaing ketat meraih massa pragmatis dari partai lain," ucapnya.

"Dari segi pencitraan di ruang publik, elektabiliti Aburizal Bakrie mengalami penurunan akibat perjalanannya ke Maladewa bersama Zalianty bersaudara yang telah menuai gunjingan politik yang luar biasa di dalam negeri," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement