Sabtu 15 Mar 2014 00:29 WIB

Jadi Capres, Jokowi Akan Surati Presiden

Rep: stevy maradona/ Red: Taufik Rachman
joko widodo

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo berencana mengirim surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono terkait penetapan dirinya sebagai Calon Presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Hal itu disampaikan Jokowi di kediaman dinasnya, Sabtu dinihari, ketika ditanya wartawan soal tindak lanjut pencalonan dirinya sebagai presiden pada Pilpres mendatang. Karena akan maju sebagai capres, ada kewajiban seorang kepala daerah melaporkan hal itu kepada atasannya, dalam hal ini Presiden RI.

Jokowi menyatakan bahwa pihaknya belum mengajukan surat. ''Belum (mengajukan surat ke pada presiden). Tapi akan kami kirimkan,'' kata Jokowi.

Menurut Jokowi pihaknya akan meminta bantuan para ahli tata negara untuk menyiapkan surat itu, termasuk melakuka pengkajian hal-hal yang terkait dengan pencalonan dirinya sebagai presiden. Jokowi menyatakan akan ada tim untuk itu.

''Nanti akan ada tim untuk itu. Akan dilihat dan dikaji, secara tata negara itu bagaimana. Akan ada pengkajian dari sisi tatanegara,'' papar Jokowi.

Ihwal pembentukan tim tersebut, apakah akan melibatkan Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta atau tim hukum PDI-Perjuangan, Jokowi menyatakan bahwa urusan tersebut akan diserahkan ke partai. ''Partai yang akan menyiapkan, bukan biro hukum DKI Jakarta,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement