Selasa 21 Jan 2014 09:28 WIB

Gita Wirjawan Ajak Peserta Konvensi Sisihkan Perbedaan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Hazliansyah
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan berbincang dengan pedagang saat mengunjungi Pasar Kuala Bekala, Padang Bulan, Medan, Sumut, Senin (20/1).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengajak kepada seluruh peserta konvensi Partai Demokrat untuk dapat menyisihkan perbedaan yang ada dalam berkompetisi menjadi kandidat calon presiden. Ia mengajak seluruh kandidat dan juga Partai Demokrat fokus membantu pemerintah lokal maupun nasional dalam mempercepat proses pemulihan bencana yang menimpa di sejumlah tempat.

"Mari kita sisihkan perbedaan yang ada, serta mari kita berkoordinasi membantu pemerintah lokal dan nasional dalam menangani bencana ini," kata Gita di sela-sela kunjungannya ke lokasi pengungsian erupsi Gunung Sinabung di Kabanjahe, Sumatera Utara, Senin (20/1) malam.

 

Di Sumatera Utara, ribuan warga harus meninggalkan kediamannya menyusul letusan gunung berapi Sinabung. Belum lama ini, tingginya curah hujan menyebabkan ribuan rumah warga di Jakarta dan sekitarnya serta kawasan Pantura dan Jawa Tengah tenggelam akibat banjir. Sedangkan di Manado, musibah banjir telah merenggut korban nyawa manusia.

 

Menurut Gita, untuk mengatasi musibah ini perlu adanya kerjasama dari semua pihak. Sebagai ketua umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Barisan Indonesia (Barindo), ia menyerukan para kadernya maupun seluruh komponen anak bangsa untuk lebih berperan aktif dalam membantu para korban bencana.

 

"Bantuan yang dibutuhkan itu tak hanya sekadar menyediakan makanan atau pakaian saja tetapi membantu suplai obat-obatan, membersihkan lokasi bencana hingga berperan serta dalam pembangunan ulang wilayah terkena dampak bencana," katanya.

 

Gita juga siap untuk bergandengantangan dengan semua pihak, termasuk diantaranya Palang Merah Indonesia (PMI). Kerjasama ini berkaitan dengan membantu proses distribusi maupun penyebaran logistik ke lokasi bencana.

"Harapannya kerjasama dan keterlibatan semua pihak ini akan mempercepat proses pemulihan maupun meringankan beban para korban bencana," katanya.

Gita pun berjanji menindaklanjuti hal ini dengan membuat memo kepada 11 peserta konvensi dan juga tidak lupa anggota Partai Demokrat.

Di kesempatan itu Gita mengunjungi tiga tempat posko penanganan erupsi. Gita ditemani oleh kader-kader Barindo dan disambut langsung oleh Bupati Tanah Karo, Kenaukur Karojambi Surbakti.

 

Bantuan yang diberikan tersebut diantaranya berupa kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako), buku, serta mainan anak-anak. Saat memberi bantuan ia meminta para korban bencana erupsi bisa bersabar menerima cobaan ini.

"Kita berdoa kepada Allah SWT supaya keadaan alam kita bisa membaik secepatnya. Bantuan ini yang kami berikan masih sementara," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement