Senin 04 Aug 2014 15:44 WIB

Kantor Transisi Jokowi Miniatur Istana Negara

Rep: halimatus sadiyah/ Red: Taufik Rachman
Anies Baswedan
Foto: antara
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan kantor transisinya yang berlokasi di Jalan Situbondo Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat. Kantor transisi Jokowi-JK berwujud sebuah rumah yang desainnya seperti Istana.

Rumah bergaya klasik itu memiliki empat pilar besar berwarna putih di bagian terasnya. Di bagian depan rumah terdapat empat bendera merah putih yang dipasang di dekat pilar.

Masuk ke rumah ini, tamu akan langsung menemui ruang duduk yang berfungsi seperti lobi dengan kursi-kursi berwarna merah. Masuk lebih dalam, kita akan kembali menemui ruang duduk dengan sofa hitam. Di salah satu dindingnya terdapat burung garuda Pancasila. Di sisi sebelah kiri ruang duduk tersebut terdapat ruang kerja presiden.

Ruang kerja presiden terdiri dari meja kerja dengan latar peta Indonesia di belakangnya. Selain itu, ada pula sofa untuk tamu. "Ini seperti Medan Merdeka Utara mini," kata salah satu anggota tim transisi, Anies Baswedan kepada Jokowi, usai sesi foto dengan wartawan di depan kantor transisi, Senin (4/8).

Menurut Anies, kantor transisi ini memiliki empat ruang kerja dan dua ruang rapat. Empat ruang kerja terdiri dari ruang kerja presiden, wakil presiden, kepala staf, dan deputi.

Menurut Kepala Staf Kantor Transisi, Rini Soewandi, rumah dua lantai tersebut memang sudah berbentuk seperti itu ketika disewa untuk kantor transisi. Kebetulan, arsitekturnya seperti istana. "Kita sudah banyak cari-cari. Ketemu rumah ini dan langsung cocok," kata Rini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement