Kamis 17 Jul 2014 15:46 WIB

PKS: Koalisi Merah Putih tidak Bersifat Transaksional

Rep: C57/ Red: Citra Listya Rini
Logo PKS
Foto: Dok Republika
Logo PKS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bidang Hubungan Masyarakat Mardani Ali Sera menegaskan partainya yakin akan mempertahankan koalisi permanen selama lima tahun mnendatang.

"Koalisi permanen dari partai-partai koalisi Merah Putih merupakan langkah maju dalam institusi demokrasi dibandingkan periode sebelumnya," kata Mardani saat dihubungi Republika Online, Kamis (17/4).

Menurut Mardani, koalisi permanen Merah Putih dibangun atas dasar interaksi antarpartai politik yang memiliki kebijakan serta visi-misi yang sama. "Sedangkan koalisi di era sebelumnya bersifat transaksional," ujar Mardani.

PKS akan memperjuangkan koalisi ini hingga lima tahun ke depan. Koalisi permanen juga dipraktikkan oleh negara-negara yang iklim demokrasinya sudah maju.

Lihat saja di Amerika Serikat (AS), ujar Mardani, terdapat koalisi permanen antara Partai Demokrat dengan Partai Liberal. Begitu pula di Inggris, terbentuk koalisi permanen partai buruh dan partai konservatif. Jadi, koalisi yang terbentuk tidak bersifat abu-abu atau transaksional. 

"Koalisi harus berbasis visi misi dan kebijakan serta program partai. Jadi, PKS siap mempertahankan koalisi merah-putih baik di dalam maupun di luar pemerintahan," kata Mardani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement