Kenapa Elektabilitas Prabowo-Hatta Ungguli Jokowi-JK?
Ahad , 29 June 2014, 09:54 WIB
antara
Prabowo Subianto diusung oleh para simpatisannya dalam kampanye terbuka di Lapangan Lumintang, Denpasar, Bali, Sabtu (28).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam beberapa survei, elektabilitas Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mengungguli capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI), Agung Suprio menyatakan, fenomena ini terjadi karena Jokowi-JK seperti kehabisan tema kampanye. 

"Pemilih Jokowi-JK cenderung stagnan, sementara sebagian besar 'undecided voters' memilih Prabowo-Hatta. Ini terjadi karena persepsi terhadap pasangan ini lebih baik," ujar Agung saat dihubungi Republika, Ahad (29/6). 

Apalagi, tambahnya, mesin partai Prabowo-Hatta berjalan dengan baik. Termasuk tim medianya yang bekerja optimal.  

Menurut Agung, Prabowo juga berhasil mencitrakan diri sebagai sosok yang Sukarnois. Misalnya, berani terhadap asing namun mampu menampilkan pribadi yang humanis. Sehingga kesan angkernya hilang. 

Sementara Hatta dianggap mampu menyedot suara dari luar Jawa, terutama Sumatra. "Di sisi lain, Hatta berhasil dicitrakan sebagai sosok Mohammad Hatta, wakil dari Prabowo yang mencitrakan sosok Sukarno," ungkap Agung.

Redaktur : Mansyur Faqih
Reporter : c57
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar